Wali Kota Mojokerto Lepas Kontingen Jambore Nasional

Wali Kota Mojokerto Lepas Kontingen Jambore NasionalKota Mojokerto, Bhirawa
Sebanyak 16 siswa dan 16 siswi anggota Gerakan Pramuka Penggalang dari Kota Mojokerto mengikuti Jambore Nasional X tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Ke-32 pelajar itu dilepasĀ  Wali Kota Mas’ud Yunus selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Mojokerto dari Halaman Kantor Pemkot Mojokerto, Rabu (10/8) kemarin.
Pemberangkatan anggota Pramuka diikuti masing-masing orang tua. Peserta yang terdiri dari 11 gugus depan atau sekolah se-Kota Mojokerto itu juga didampingi empat orang Bindamping dan empat orang Pinkoncap.
Subambihanto, Kakwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto yang juga Kepala Dinas Pendidikan dalam laporannya mengatakan, tujuan keikutsertaan Kota Mojokerto dalam Jambore Nasional melaksanakan revitalisasi Gerakan Pramuka di bidang peningkatan karakter peserta didik.
”Khususnya bagi Pramuka Penggalang perlu dilaksanakan kegiatan yang menarik, menyenangkan, riang, gembira dan mengandung nilai pendidikan. Tentunya dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem among,” pesan Subambihanto.
Sementara itu, Wali Kota Mas’ud Yunus menyebut gerakan Pramuka merupakan suatu wahana untuk membentuk pribadi dan karakter bangsa. Sesuai UU Nomor 12 tahun 2010 bahwa karakter yang dibentuk Gerakan Pramuka ini adalah melahirkan generasi penerus yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum dan disiplin.
”Pramuka juga dapat membentuk karakter yang menjunjung tinggi nilai-nilai berbangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa untuk menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mengamalkan Pancasila dan melestarikan lingkungan hidup,” tandas Wali Kota. [kar]

Tags: