Perbasi Kab.Mojokerto Gelar 3 Kompetisi Sekaligus

12-basket jatim(Gelar Piala KONI)
Kab Mojokerto, Bhirawa
Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Mojokerto bakal menggelar kompetisi piala KONI setempat. Event yang digelar ini bakal digelar  bersamaan dengan  3 kejuaraan sekaligus. Dalam event ini, Perbasi menambah satu lagi kelas di Kejurkab basket Piala KONI Kabupaten Mojokerto yang akan digelar akhir Agustus mendatang.
Kelas senior atau non usia menjadi target Pengkab Perbasi berikutnya dalam menggaet atlet sebanyak-banyaknya. Sebab, selama ini hampir dipastikan Perbasi jarang menggelar kejuaraan setingkat senior. Hal ini yang menjadi pertimbangan sendiri Perbasi untuk memperluas pembinaan basket di semua level.
Ketua umum Pengkab Perbasi Kabupaten Mojokerto, Mochamad Al Amin menegaskan, sesuai petunjuk KONI, kejurprov memang sangat sulit untuk digelar di Mojokerto. Sebab, selain anggaran, kendala lain berupa venue juga menjadi perhatian serius. Belum ada venue khusus yang diperuntukkan menggelar pertandingan basket sekelas kejurprov.
GOR Indoor milik SMAN 1 Puri yang paling representatif juga tidak bisa dipakai dengan waktu sembarangan. Hal ini lantaran suara bising supporter akan menganggu jam belajar aktif siswa. ”Karena level Kejurprov kan tingkat provinsi, jadi kalau suporter terlalu banyak akan mengganggu jam pelajaran,” terang Al Amin, Kamis (11/8) kemarin.
Pihaknya sendiri memilih level senior sebagai pengganti kejurprov agar regenerasi basket di semua level bisa berjalan sempurna. hal ini sekaligus untuk menjembatani pembinaan antara level pelajar dengan senior. Sebab, selama ini pasca tidak menjadi pelajar, banyak atlet yang justru berhenti menekuni cabor ini karena level senior kurang aktif. ”Memang masih sedikit dan sifatnya baru komunitas, belum klub resmi. Tapi kalau tekuni terus nantinya akan jadi industri sendiri,” tambahnya.
Amin memperkirakan level senior akan diikuti setidaknya 9 sampai 10 tim sesuai jumlah klub yang ada. Kondisi ini jelas menjadi keuntungan sendiri bagi perbasi lantaran syarat pelaksanan kejurkab yang diberikan KONI minimal 8 klub peserta. Selain level senior, perbasi juga merancang level U-14 dan U-18 atau usia SMP dan SMA untuk mencari bibit baru dengan beriringan. [kar]

Tags: