Pelindo III Dijadikan Pilot Project Pembinaan Kearsipan

Gedung Pelindo III Surabaya

Gedung Pelindo III Surabaya

Surabaya, Bhirawa
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dijadikan “pilot project” pembinaan kearsipan instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), karena memiliki pemahaman pengelolaan arsip yang baik.
“Pelindo III sudah memiliki pemahaman pengelolaan arsip yang baik, karena sudah memikirkan jenjang karir pegawai pengelola arsip. Hal ini patut diapresiasi dan diterapkan juga untuk arsip non-PNS pada lembaga lainnya,” ucap Kepala ANRI Mustari Irawan, di Surabaya, Rabu (10/8).
Mustari usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan kerja sama dengan Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto, mengaku Pelindo III akan mempelopori adanya kebijakan kearsipan yang diterapkan melalui empat instrument pokok dan tiga belas prosedur operasional standar (SOP) kearsipan.
“Komitmen bersama Pelindo III ini sebagai wujud pembinaan, motivasi dan kampanye kepedulian terhadap pentingnya arsip sebagai pusat informasi,” ujarnya.
Mustari berharap, dengan kerja sama tersebut Pelindo III akan menjadi pelopor pembinaan kearsipan BUMN melalui sejumlah langkah manajemen program dan proyek yang terstruktur.
Sementara itu Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto mengatakan kerja sama ini akan dapat mewujudkan insan Pelindo III yang sadar arsip, sehingga pembinaan kearsipan menjadi lebih terarah dan sistematis.
“Dari kerja sama ini akan dapat dicapai ukuran standar pengelolaan arsip berdasarkan kebijakan dan ketentuan dari ANRI sebagai lembaga resmi pengelola kearsipan di Indonesia,” katanya.
Toto mengatakan, dengan kerja sama ini Pelindo III akan melakukan peningkatan berkelanjutan dengan membentuk tim khusus untuk pembina kearsipan, menambah SDM kearsipan, serta menyelenggarakan diklat kearsipan berdasarkan kebutuhan.
Selain itu, kata Toto, Pelindo III juga akan membangun sistem kearsipan berbasis teknologi informasi, menyusun dan membarui pedoman kearsipan sesuai peraturan perundang undangan, serta membina dan memotivasi terhadap pentingnya arsip sebagai pusat informasi.
“Untuk meningkatkan kinerja kearsipan selain dengan penerapan teknologi informasi, manajemen Pelindo III juga menyusun keberlanjutan karir untuk para pegawai pengelola arsipnya,” imbuhnya. [ma]

Tags: