Diserang Hama, Produksi Cabai Kab.Malang Turun

Petani Desa Sumber Jaya, Kec Gondanglegi, Kab Malang, saat melakukan perawatan tanaman cabai besar miliknya.

Petani Desa Sumber Jaya, Kec Gondanglegi, Kab Malang, saat melakukan perawatan tanaman cabai besar miliknya.

Kab Malang, Bhirawa
Petani cabai di wilayah Kabupaten Malang mengalami kerugian akibat adanya serangan hama trip atau tungau. Akibatnya, produksi tanaman cabai besar mengalami penurunan. Turunnya produksi Cabai selain karena serangan hama, juga disebabkan adanya faktor cuaca yang tidak menentu.
“Dengan kualitas cabai besar yang dipanen petani hasilnya jelek, maka juga berdampak pada penurunan harga cabai besar yang diproduksi petani Kabupaten Malang,” kata warga Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang Suliasih, Kamis (11/8) kemarin.
Menurut Suliasih, jeleknya kualitas  cabai besar lokal berdampak pasar dibanjiri cabai besar yang berasal dari Banyuwangi dan Bali dengan harga murah.
Jika tanaman cabai besar tidak diserang hama serta kondisi cuaca normal, harga cabai ditingkat petani bisa mencapai Rp 26 ribu-Rp 27 ribu per kilogram (kg)-nya, sementara harga di pasaran mencapai Rp 30 ribu per kg.
Kualitas cabai yang merosot membuat tengkulak hanya berani membeli di petani  per kilogramnya hanya Rp 14 ribu-Rp 15 ribu per kg. Untuk itu, dirinya berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui dinas terkait ikut membantu petani.
“Bila Pemkab Malang tidak ikut turun dalam membantu petani dalam menangani serangan hama trip, bisa dipastikan petani cabai besar akan mengalami kerugian yang lebih besar. Selain itu, kami juga berharap agar Pemkab juga memproteksi cabai besar dari luar Kabupaten Malang. Hal itu agar produksi cabai besar lokal bisa bersaing dengan cabai dari luar dearah,” tegas Suliasih penuh harap. [cyn]

Tags: