32 Calon Kades Bertarung di Pilkades Bojonegoro

image_63_ilustrasi-pilkades-di-bojonBojonegoro, Bhirawa
Rencananya, di tahun 2016 ini calon kepala desa (kades) ada 32 desa yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro akan bertarung berebut menjadi orang nomor satu di desanya masing-masing dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.
“Ada 32 desa yang melaksanakan Pilkades, temasuk kepala desa yang masa jabatannya berakhir di tahun 2017. Tetapi masih ada satu desa yang belum mau diikutkan pada pesta demokrasi  tersebut,” ungkap  Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPMPD Bojonegoro, Sugeng Firmanto, Rabu (10/8).
Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan, ada beberapa desa yang masa jabatan Kepala Desa (Kades) berakhir di tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017. Untuk tahun 2017, setidaknya ada 32 desa yang akan melaksanakannya. “Dari 8 desa yang masa jabatannya habis di tahun 2017, ada satu desa yang belum mau mengikuti Pilkades serentak. Yang lainnya sudah siap,” jelas dia.
Menurut Sugeng, Pilkades serentak tersebut sudah diprogramkan. Sesuai Perda nomor 13 tahun 2015, tentang kepala desa, dan Perbup saat ini sudah dilakukan pembahasan di tingkat eksekutif, kemungkinan minggu depan sudah selesai. Serta pertimbangan Pilkades serentak ini melaksanakan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. “Minggu akhir di bulan Agustus akan dilakukan sosialisasi ke desa-desa yang akan menyelenggarakan Pilkades di tahun 2016,” ucapnya.
Setelah itu nanti, kata Sugeng, untuk tahap selanjutnya pembentukan panitia di bulan September, dikarenakan proses mulai pendaftaran sampai pemilihan membutuhkan waktu empat bulan. “November coblosan dan Desember sudah dilantik,” paparnya. [bas]

Tags: