Seragam Baru PNS, Masih Tunggu Keputusan Gubernur

Seragam Baru PNSPemprov Jatim, Bhirawa
Sekdaprov Jatim Dr H Akhmad Sukardi MM mengatakan, penggunakan seragam baru PNS berwarna atasan putih dan bawahan gelap masih menunggu keputusan Gubernur Jatim Dr H Soekarwo. Jika disetujui pelaksanaannya dalam waktu dekat ini seragam dinas PNS akan terdiri dari kemeja putih, krem, batik dan seragam korpri.
“Selama ini seragam PNS hanya tiga yakni krem, batik dan korpri yang digunakan pada waktu tertentu. Tapi sesuai peraturan Mendagri seragam akan ditambah kemeja putih,” kata Sukardi, Rabu (6/4).
Sesuai Peraturan Mendagri (Permendagri) nomor 6 tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 60 tahun 2007 tentang Pakaian Dinas PNS disebuhkan jika adanya penambahan kemeja putih yang wajib dikenakan PNS.
Saat ini, seragam PNS terbagi dua yaitu senin-rabu mengenakan seragam krem, sedangkan kamis-jumat mengenakan batik. “Nanti kita ganti khusus hari rabu menggunakan kemeja putih lengan panjang,” kata Sukardi.
Perubahan seragam ini, awalnya baru akan diberlakukan pada Oktober 2016 mendatang atau menunggu Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD. Namun karena seluruh PNS dinilai telah memiliki sendiri pakaian putih, maka mulai pekan depan seragam baru sudah akan mulai diberlakukan.
“Idealnya PAK dulu, nanti kita belikan kemeja putih seluruh PNS baru mereka diwajibkan. Tapi banyak PNS yang berkata kemeja putih kan mudah dan banyak yang memiliki. Makanya akan kita sampaikan dulu ke Pakg Gubernur. Kalau beliau setuju ya langsung digunakan” ujarnya.
Sekadar diketahui, selama ini, kemeja putih menjadi ciri khas Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah menjadi presiden, gaya berpakaian Jokowi ini kemudian diikuti oleh para menteri dan bahkan kini mulai diterapkan bagi seluruh PNS. [iib]

Tags: