Ratusan Juta Uang Siswa Sekolah Tersimpan di BPR Delta Artha

Direktur BPR Delta Artha, Sofia, mengundi hadiah gebyar tabungan Sifajar. Gebyar Sifajar  ini tiap tahun dilakukan BPR Delta Artha, untuk memotivasi siswa sekolah agar gemar menabung. [ali kusyanto/bhirawa]

Direktur BPR Delta Artha, Sofia, mengundi hadiah gebyar tabungan Sifajar. Gebyar Sifajar ini tiap tahun dilakukan BPR Delta Artha, untuk memotivasi siswa sekolah agar gemar menabung. [ali kusyanto/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
SDN Pucang 3 Sidoarjo, mungkin bisa jadi contoh bagi sekolah lain di Kab Sidoarjo. Karena hampir semua siswanya yang berjumlah mencapai 500 an, mulai kelas I sampai kelas VI, aktif dan gemar menabung.
Selama lima tahun ini, pihak sekolah telah bekerja sama dengan BPR Delta Artha. Di BPR milik Pemkab Sidoarjo itu, jumlah simpanan uang tabungan siswa, yang berada di tengah Kota Sidoarjo itu, telah mencapai Rp330 juta.
”Kami tak memaksa siswa, tidak menabung tidak apa-apa, itu kesadaran siswa dan kesadaran yang tinggi dari wali murid sendiri. Bahkan ada siswa yang sudah lulus masih juga ikut menabung,” kata Eny Wahyudati, seorang guru di SDN Pucang 3 Sidoarjo, ditemui di sela-sela acara Gebyar Penarikan hadiah Tabungan Sifajar dari BPR Delta Artha, Sabtu akhir pekan kemarin, di Halaman BPR yang berada di Jl A Yani 16, Sidoarjo itu.
Menurut guru kelas tiga itu, banyak manfaat yang nanti akan bisa didapat siswa dari gemar menabung. Misalnya, bisa dipakai untuk acara rekreasi di sekolah maupun bisa dipakai untuk biaya mendaftar bila nanti masuk ke SMP.
Sedangkan Direktur BPR Delta Artha, Dra Sofia Nur Krisnajati menambahkan, gebyar penarikan tabungan Simpanan Fasilitas Pelajar (Sifajar) ini, akan digelar tiap tahunnya, supaya bisa menjadi semangat bagi siswa sekolah dalam menabung.
”Semoga adik-adik sekolah lebih bersemangat menabung,” jelasnya di sela-sela acara yang dihadiri sekitar 20 an undangan dari sekolah-sekolah yang siswanya menabung di BPR Delta Artha, mulai sekolah SD sampai SMA.
Menurut Sofia, kuantitas hadiah tiap tahun akan ditingkatkan lebih besar, agar siswa bersemangat menabung. Pada gebyar tahun 2016 ini, kuantitas hadiahnya lebih besar dari tahun 2015 lalu. Tahun ini jumlah hadiah utamanya tiga unit laptop dan 13 sepeda gunung. Sementara pada tahun 2015 lalu hadiah utamanya masih satu buah laptop.
”Semoga adik-adik bersemangat lagi menabung untuk masa depannya, maka saya minta keuntungan menabung di Sifajar ini supaya diinfokan pada teman-teman lain yang belum menabung,” katanya.
Ia memberikan nasehat pada siswa-siswa sekolah, bahwa dengan menabung, banyak manfaatnya. Seperti mendidik anak agar bisa hidup lebih hemat, lebih efisien, lebih teratur dan tidak berfoya-foya. Dengan gemar menabung, diharapkan bisa memperoleh keinginan yang dicita-citakan.
Tabungan Sifajar di BPR Delta Artha ini, menurut Sofia, sangat mudah. Karena dengan uang yang minim, siswa sudah  bisa menabung. Juga tidak ada biaya administrasinya. Agar produk tabungan ini semarak, menurutnya, BPR Delta Artha, juga melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah.
”Apa yang dilakukan oleh siswa di SDN Pucang 3 itu sangat membanggakan, siswanya gemar menabung, semoga bisa menjadi contoh siswa di sekolah lain,” komentarnya.
Sofia sempat menyampaikan, BPR milik Pemkab Sidoarjo ini, selain punya produk tabungan Sifajar, juga punya produk lain seperti Tabungan Masyarakat Menuju Sejahtera (Tammara), Tabungan Masyarakat Sidoarjo (Tamasda) yang berhadiah mobil, Deposito berjangka dan produk  kredit. [kus]

Tags: