Pusat Siapkan Badan Otorita Untuk BTS

wisata Bromo-Tengger-SemeruPemprov Jatim, Bhirawa.
Pemerintah Pusat kini tengah mempersiapkan badan otorita untuk mengelola secara khusus destinasi wisata Bromo-Tengger-Semeru (BTS) di Jatim sebagai wujud dukungan pengembangan destinasi wisata setempat. Bahkan, Pemerintah Pusat akan mengucurkan anggaran sekitar Rp10 triliun untuk pengembangan destinasi wisata.
“Bromo-Tengger-Semeru termasuk 10 besar destinasi wisata paling menarik yang dicanangkan oleh Presiden RI sehingga harus ditata semaksimal mungkin Saat ini, BTS sangat diandalkan karena terbukti selama ini mampu  mendatangkan wisatawan mancanegara dan memiliki nama di dunia internasional,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Dr H  Jarianto MSi, Kamis (14/4).
Namun, Jarianto mengaku, pihaknya belum bisa menjelaskan secara teknis terkait tugas dan fungsi detil dari badan otorita karena merupakan program dari Kementerian Pariwisata. “Nantinya BTS tidak hanya mengurusi lokasi utamanya, tapi insfrastruktur seperti akses jalan, jalan penghubung atau jembatan, penginapan, pelabuhan serta insfrastruktur pendukung lain,” katanya.
Berkaitan Pemerintah Pusat berencana mengucurkan Rp 10 triliun, Jarianto mengatakan, kalau pihaknya tidak ikut mengelola karena diserahkan ke badan otorita setempat. “Adanya anggaran itu merupakan bukti keseriusan pemerintah mengembangkan wisata Indonesia, yang kini menjadi perhatian dunia,” ujarnya.
Dalam waktu dekat, lanjut dia, Kementerian Pariwisata RI akan turun ke daerah untuk memantau sekaligus memastikan kesiapan daerah terkait perwujudan destinasi wisata internasional.
Pemprov Jatim juga akan menyiapkan sumber daya manusia setempat dengan berbagai program, seperti bimbingan teknis hingga pelatihan agar memahami serta siap membantu mengembangkan kawasan Bromo-Tengger-Semeru.
“Jangan sampai masyarakat di sana tidak mengerti bagaimana mengembangkan potensi wisata, khususnya menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi wisatawan,” katanya. [rac]

Rate this article!
Tags: