Porseni Bojonegoro Dimeriahkan Senam Anti Narkoba

Dalam rangka pembukaan porseni tingkat pelajar, ratusan pelajar SD sedang memperagakan senam sehat berkarya anti narkoba (SSB-AN) di alun-alun Bojonegoro. (achmad basir/bhirawa)

Dalam rangka pembukaan porseni tingkat pelajar, ratusan pelajar SD sedang memperagakan senam sehat berkarya anti narkoba (SSB-AN) di alun-alun Bojonegoro. (achmad basir/bhirawa)

Bojonegoro, Bhirawa
Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat pelajar SD, SMP, SMA sederajat, dimeriahkan senam sehat berkarya anti narkoba (SSB-AN) yang diperagakan oleh 800 siswa SD se- Kecamatan Kota Bojonegoro, Kamis (14/4) dialun-alun setempat.
Sebelumnya diawali dengan bidikan anak panah oleh dua atlit panahan Bojonegoro kemudian dilanjutkan defile kontingen peserta Pekan Olahraga dan Seni tingkat pelajar SD, SMP, SMA sederajat .
Kemeriah tak hanya sampai disini namun dengan tampilan drama tari anak tentang kisah dewi shinta, rahwana dan hanoman. Bertindak selaku inspektur upacara  Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. H. Setyo Hartono, MM.
Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. H. Setyo Hartono, MM menyampaikan terima kasih kepada para atlit dan seniman yang telah mengharumkan nama Bojonegoro baik perseorangan maupun kelompok baik dilevel regional, nasional bahkan internasional. Terima kasih disampaikan  pula kepada official yang telah melakukan pendekatan kepada siswa.
“Dari 38 cabang olahraga yang ada, lanjut Wabup, baru sedikit cabor di Bojonegoro yang muncul dan menampakkan prestasi, oleh karenanya atensi para pelatih untuk mencari bibit unggul harus ditingkatkan,”  ujarnya.
Dijelaskan Wabup, atlit-atlit kita biasanya menunjukkan prestasi bagus dijenjang SD namun ditingkat lanjutan prestasi menurun, jadi keberlanjutan pelatihan dan pembinaan harus dilakukan secara kontinu.
“Sehingga akan memunculkan atlit dan seniman yang luar biasa. Namun diperlukan kerjasama dan dorongan dari berbagai pihak mulai orang tua sekolah dan pemerintah,” paparnya.
Diakhir sambutannya Wabup menyampaikan selamat berlomba dan bertanding. Kepada seluruh official dan atlit agar menjunjung tinggi sportivitas.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Hanafi, selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan, bahwa porseni ini bertujuan meningkatkan kualitas SDM utamanya pelajar sekaligus mewujudkan kesehatan jasmani dan mental serta watak kepribadian.
Selain itu menjadi wahana kompetensi dan evaluasi dan mengukur kemampuan atlit dan seniman.
“Meningkatkan rasa persatuan, persahabatan dan persaudaraan dan dalam rangka menjaring bibit atlit dan seniman tingkat pelajar,” jelasnya.
Peserta terdiri dari tingkat SD 28 kontingen, SMP 69 kontingen, SMA 66 kontingen sehingga total mencapai 169 kontingen.Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan yakni 9 cabor dan 18 lomba bidang seni.
Tema yang diusung adalah melalui porseni pelajar tahun 2016 kita bentuk generasi bangsa yang bermartabat,berakhlak mulia, sehat jasmani, rohani, sosial dan budaya, untuk meningkatkan mutu pendidikan strata potensi diri yang kompetitif demi menyongsong masa depan. [bas]

Tags: