PKB Buka Pendaftaran Bacawali dan Bacawawali

Pembukaan pendaftaran Bacawali dan Bacawawali, serta peresmian Desk Pilkada DPC PKB Kota Batu (supriyanto/bhirawa)

Pembukaan pendaftaran Bacawali dan Bacawawali, serta peresmian Desk Pilkada DPC PKB Kota Batu (supriyanto/bhirawa)

Kota Batu, bhirawa
Walaupun kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD belum mencukupi untuk memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon dalam Pilkada, DPC PKB akhirnya tetap membuka pendaftaran Bakal Calon Walikota (Bacawali) dan Bakal Calon Wakil Walikota (Bacawawali) Pilkada Kota Batu 2017, Senin (11/4).
Menurut Nurrochman, pihaknya sudah membuat kesepakatan dengan 4 partai besar pemilik kursi di DPRD Kota Batu.
“Sudah ada kesepakatan dan tanda tangan koalisi, baik dengan DPC maupun DPP PKB. Tetapi untuk nama-nama parpolnya masih kita rahasiakan sesuai kesepakatan antar parpol,” tuturnya.
Dijelaskan, dalam penentuan pasangan calon, PKB diberi hak pertama untuk memilih, apakah kursi Cawali atau Cawawali karena jumlah kursi PKB lebih besar. Dalam kesempatan itu, DPC PKB Kota Batu juga meresmikan Desk Pilkada sebagai tim pemenangan PKB dalam Pilkada ditandai dengan penyerahan formulir pendaftaran dari Ketua DPC PKB Kota Batu Nurrochman kepada Ketua Desk Pilkada Asep Gozy Sulaiman. Nurrochman mengatakan langkah ini diambil sesuai Instruksi DPP PKB nomor 13355 tanggal 21 Maret 2016  tentang instruksi persiapan pilkada serentak tahun 2017.
Dalam instruksi tersebut, DPP PKB menginstruksikan pembentukan Desk Pilkada dan membuka pendaftaran calon.
“Pembukaan pendaftaran tersebut terbuka untuk kader PKB, NU dan umum. Karena PKB ingin menjaring Bacawali dan Bacawawali seluas-luasnya agar mendapat figur pimpinan terbaik untuk masyarakat Kota Batu,” jelas Nurrochman. Oleh karena itu, PKB akan berupaya mencari figur yang tepat dan tentunya memiliki elektabilitas yang tinggi agar bisa diterima oleh masyarakat pemilih.
Sementara itu Ketua Desk Pilkada PKB Asep Gozi Sulaeman mengatakan pendaftaran calon dibuka selama 2 minggu, mulai 11 April hingga 26 April mendatang. “Calon yang mendaftar harus mengisi formulir pendaftaran yang telah kita sediakan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi tersebut sesuai UU Pilkada.
“Selain itu calon harus menandatangani Pakta integritas dan kontrak politik dengan PKB, serta menerima apapun keputusan partai dalam penentuan calon,” tegas Asep. Sedangkan untuk biaya pendaftaran akan dibicarakan kemudian dengan masing-masing calon.  [sup]

Tags: