Perbaikan Jalan, DBM Siapkan Rp 41 Miliar

Perbaikan jalanKab Malang, Bhirawa
Dinas Bina Marga (DBM) Kabupaten Malang, pada bulan April 2016 ini akan melaksanakan kegiatan peningkatan jalan dan perawatan jalan, terutama akses jalan yang menuju tempat wisata.
Kepala DBM Kabupaten Malang M Anwar, Senin (4/4), seusai mengikuti rapat di Pendapa Agung Kabupaten Malang mengatakan, pihaknya dalam pertengahan bulan ini akan melakukan kegiatan peningkatan dan pemeliharaan jalan infrastruktur dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016.
“Semua jalan yang menuju tempat wisata dan akses penunjang perekonomian masyarakat yang akan kami perbaiki,” jelasnya.
Menurutnya, pembangunan dan pemeliharaan jalan tidak saja sebagai penghubung tempat wisata, namun juga infrastruktur perekonomian yang akan dibagi menjadi 14 paket kegiatan Sedangkan dari 14 paket kegiatan tersebut diantaranya jalan di wilayah Kecamatan Singosari yang menghubungkan Kecamatan Jabung, dengan panjang mencapai 3 kilomter (km), jalan di wilayah Kecamatan Pakis yang menuju Kecamatan Tumpang yang panjangnya mencapai 2,5 km dan di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan menuju Kecamatan Bantur dengan panjang 2,5 km.
“Pentingnya beberapa infrastruktur, hal itu sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat Kabupaten Malang. Perbaikan jalan dan peningkatan jalan kita siapkan anggaran yang mencapai Rp 41 miliar dari APBN,” ujar Anwar.
Ia menegaskan, anggaran tersebut hanya untuk infrastruktur saja, sedangkan untuk kegiatan pemecah dan pengurai kemacetan yang ada di wilayah Malan Utara, anggarannya diluar  itu. Sebab, anggaran sebesar itu, tidak termasuk untuk pembangunan jalan baru sebagai pengurai kemacetan di wilayah Kecamatan Lawang dan Singosari,” jelasnya.
Ditambahkan, wilayah Kabupaten Malang termasuk prioritas, karena sejumlah jenis rencana pembangunan yang diusulkan melalui musyawarah rencana pembangunan (musrebang) baik di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten lebih banyak fokus pada pembangunan infrastruktur. Dan terkait program 100 hari pasanagan Bupati Malang Rendra Kresna dan Wakil Bupati Malang HM Sanusi, khusus Dinas Bina Marga ditarget untuk menyelesaikan infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Malang, terutama perbaikan jalan yang menuju tempat wisata. [cyn]

Tags: