Pemkab Tarik Dua Kasubag di KPU Tulungagung

Indah Karunia Ratri

Indah Karunia Ratri

Tulungagung, Bhirawa
Setelah sempat bermasalah, dua pejabat kasubag di KPU Tulungagung akhirnya ditarik oleh Pemkab Tulungagung. Kedua kasubag tersebut dipindah tugaskan ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lingkup Pemkab Tulungagung.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tulungagung Indah Karunia Ratri SH, MH mengakui jika penarikan dua kasubag KPU Tulungagung setelah terbentur masalah aturan internal KPU. “KPU itu punya aturan sendiri terkait personelnya. Kami mengikuti saja,” ujarnya, Minggu (3/4).
Menurut Indah Karunia, saat ini jabatan dua kasubag di KPU Tulungagung dibiarkan kosong sembari menunggu koordinasi dengan KPU RI. “Kalau memang nanti harus diisi oleh PNS organik KPU, itu merupakan kewenangan KPU. Kami memperbaiki kekeliruan,” terangnya.
Informasi yang diperoleh Bhirawa menyebutkan, untuk jabatan kasubag pada 2017 mendatang di seluruh KPU se-Indonesia tidak lagi akan menggunakan tenaga PNS daerah. Tetapi sudah menggunakan tenaga PNS organik KPU sendiri.
Indah Karunia memaparkan penempatan pejabat di KPU hampir sama dengan yang yang kini terjadi di Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) dan Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Di kedua SKPD tersebut penempatan pejabatnya sekarang harus melalui persetujuan Kementerian Dalam Negeri.
Jumat (29/3), Sekretaris Daerah (Sekda) Tulungagung Ir Indra Fauzi MM melakukan pelantikan pejabat eselon IV di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Dari 52 pejabat yang dilantik dua di antaranya merupakan pejabat kasubag di KPU Tulungagung.
Keduanya masing-masing adalah Suhardjito SE yang menjabat sebagai Kasubag Program dan Data KPU Tulungagung dan Drs Hendro Cahyono yang menjabat sebagai Kasubag Umum KPU Tulungagung.
Setelah dilantik oleh Sekda Indra Fauzi kemarin, Suhardjito kini menjabat sebagai salah satu Kasubag di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung, sedang Hendro Cahyono sebagai salah satu Kasubag di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung.
Sebelumnya pelantikan Suhardjito dan Hendro Cahyono pada Juli 2015 silam dipermasalahkan oleh Sekjen KPU RI. Masalahnya, kedua nama tersebut belum mendapat persetujuan dari Sekjen KPU RI untuk menggantikan dua pejabat yang digantikan. Bahkan beredar kabar jika nama pejabat dua kasubag KPU Tulungagung yang tercatat di KPU RI masih tertera nama pejabat sebelum Suhardjito dan Hendro Cahyono. [wed]

Tags: