Pemkab Kediri Cek Raskin di Gudang Bulog

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kediri saat mengecek ketersedian Raskin.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kediri saat mengecek ketersedian Raskin.

Kab Kediri, Bhirawa
Pemkab Kediri melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kediri melakukan  pengecekan kualitas beras jatah rakyat miskin yang telah siap disalurkan untuk Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS PM) di Gudang Bulog Kabupaten Kediri, Senin (11/4).
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Kediri Djoko Susilo mengatakan peninjauan ini dimaksudkan untuk melihat ketersediaan dan kecukupan serta kualitas beras yang akan disalurkan kepada masyarakat, apakah sudah siap dan cukup serta masih layak untuk dikonsumsi. “Jika nantinya di lapangan ditemukan beras yang tidak layak konsumsi disalurkan oleh Bulog, untuk segera dikembalikan dan dilaporkan,” terang Djoko.
Wakil Kepala Sub Divre Wilayah V Bulog Kediri, Arya Gathasidarma menjelaskan  stok beras saat ini sejumlah 1.699.320 Kg beras untuk 113.288 RTS PM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat) per bulannya telah tersedia dan siap disalurkan.
Lebih lanjut, menurut Arya tiap RTS PM akan menerima raskin yang telah dikemas 15 Kg persaknya. “Jatah beras untuk rakyat miskin adalah beras yang memiliki kualitas beras medium. Beras tersebut memiliki kandungan menir 2%, derajat sosoh 95%, kadar air 14 % dan broken 20,” jelas Arya.
Sebelumnya Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menekankan kepada Dinas/Satker terkait, Camat dan Kepala Desa untuk betul-betul mengawasi dan mengamankan penyaluran beras raskin sampai ke tangan penerima. “Jika nantinya ada aparat yang terlibat kasus beras jatah rakyat miskin (raskin) akan diberikan sanksi hukum yang berat. Hal ini untuk menghindari penyelewengan raskin dan adanya beras yang tidak layak konsumsi,” tegas dr. Hj. Haryanti Sutrisno. [van]

Tags: