Pasokan Menipis Harga Bawang Merah Tembus Rp 40 Ribu

seorang pedang sayuran dipasar kota Bojonegoro sedang menjajakan dagangannya. [achmad basir]

seorang pedang sayuran dipasar kota Bojonegoro sedang menjajakan dagangannya. [achmad basir]

Bojonegoro, Bhirawa
Harga bawang merah di pasaran mulai merangkak naik.Bahkan sepekan terakhir ini, kenaikan cukup fantastis, hingga harga tembus Rp 40 ribu per kilogram untuk kualitas super. Sedangkan kualitas biasa dengan harag sekitar Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogramnya.
Kenaikan harga bawang merah disebabkan karena produksi panen petani berkurang. Sehingga stok yang dijual ke pasar juga sedikit.
Kenaikan harga bawang merah mulai dirasakan meresahkan warga, apalagi saat ini bawang merah mulai terjadi kelangkaan apalagi terjadi menjelang beberapa pekan sebelum masa bulan Puasa.
Salah satu pedagang sayuran di Pasar Tradisional Bojonegoro, Suparti mengungkapkan bahwa kenaikan harga bawang merah kembali terjadi dalam beberapa pekan ini. Sejak 2 bulan terakhir, harga bawang merah terus mengalami kenaikan. Padahal pada awal tahun, harganya masih Rp 20 ribu per kilogramnya. “Harga bawang merah untuk kualitas besar dijual dengan harga Rp 40 ribu per kilogram (Kg),” kata warga Ledok Kulon, Suparti, Kamis (14/4), kemarin.
Ia mengatakan, naiknya harga di pasar disebabkan karena ada kenaikan harga dari kalangan petani. Beberapa pekan lalu, harga bawang merah memang sempat merosot akibat panen raya yang terjadi di daerah Kedungadem, namun saat ini harga kembali naik. “ Untuk bawang merah kualitas biasa masih dijual dengan harga Rp 35 ribu per kilogramnya,’” jelasnya.
Pedagang lain, Sulastri mengatakan, mahalnya harga membuat sejumlah pedagang tidak berani mengambil stok banyak, sebab takut harga akan turun atau justru naik dalam beberapa pekan ini. Susahnya stok membuat harga semakin meroket setiap hari. “Ibu rumah tangga juga belinya sedikit-sedikit sebab mahal harganya, dari yang biasa beli 1 Kg jadi berkurang 0,5 Kg saja,” ucapnya.
Harga bawang merah diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga bulan Puasa, karena pasokan yang mulai terbatas dan tingginya permintaan menjelang puasa. [bas]

Tags: