Naik Pangkat, Ratusan PNS Batu Jalani Tes Urine

Suasana tes urine dadakan bagi PNS naik pangkat yang dilaksakan di Perkantoran Terpadu Kota Batu.

Suasana tes urine dadakan bagi PNS naik pangkat yang dilaksakan di Perkantoran Terpadu Kota Batu.

Kota Batu, Bhirawa
Para PNS di lingkungan Pemkot Batu dikejutkan dengan adanya tes urine yang digelar secara mendadak di Perkantoran Tarpadu atau Block Office (BO), Rabu (13/4). Tes urine kali ini dikhususkan bagi PNS yang akan naik pangkat dan telah mengikuti program pendidikan dan pelatihan Bela Negara.
Ada sebanyak 170 PNS Pemkot Batu yang akan segera naik pangkat. Beberapa waktu lalu mereka telah mengikuti program pendidikan dan pelatihan Bela Negara. Dan kemarin (13/4), 159 orang dari 170 PNS tersebut telah dites urine guna mencegah penggunaan narkoba.
“Kita laksanakan mendadak, karena ini menjadi prasyarat mendapat sertifikat bela negara. Periode sebelumnya ada satu terindikasi, tapi setelah didalami rupanya konsumsi obat flu. Kalau sekarang belum keluar hasilnya,” ujar Kepala Sub Program dan Pelaporan BKD, Zulkarnain.
Ia menambahkan, pihaknya mewajibkan seluruh PNS untuk melakukan tes urine ini, khususnya mereka yang hendak naik pangkat. Diharapkan hal seperti ini bisa dijadikan contoh yang baik bagi masyarakat.
Sementara, Kasi Rehabilitasi BNN Kota Batu, Rose Triwulandari, mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan BKD Pemkot Batu guna melaksanakan program pencegahan dan rehabilitasi. Bila ada PNS yang positif menggunakan narkoba, BNN Kota Batu juga telah siap membantu merehabilitasi. “Inisiatifnya dari BKD, tapi test kit-nya dari kami,”ujar Rose.
Kalau tes awal ada indikasi, katanya, belum tentu PNS bersangkutan belum tentu positif menggunakan narkoba. Karena harus ada pemeriksaan mendalam. “Kami akan assesment untuk mengetahuinya,” jelas Rose.  [nas]

Tags: