MTF 2016 Usung Tema Marine Tourism

Travex, salah satu kegiatan Majapahit Travel Fair (MTF) pada tahun lalu.

Travex, salah satu kegiatan Majapahit Travel Fair (MTF) pada tahun lalu.

Pemprov, Bhirawa
Pekan depan, Pemprov Jatim melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim mempunyai kegiatan agenda besar tahunan budaya dan pariwisata yang berskala Internasional pariwisata yaitu Majapahit Travel Fair (MTF) tahun 2016 yang rencananya dilaksanakan pada 14-17 April 2016.
Kali ini, tema yang diusung dalam MTF adalah ‘Marine Tourism’. Hal ini seiring dengan minat wisatawan terhadap wisata berbasis kelautan/bahari sekaligus sejalan dengan program Kementerian Pariwisata yang mengangkat program prioritas wisata bahari.
Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Dr H Jarianto MSi mengatakan, rencananya MTF ini akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata.
Lebih lanjut, Kabid Pemasaran Disbudpar Jatim, Dra Susariningsih MM mengatakan, kegiatan MTF khususnya travel exchange (travex) akan berlangsung pada 14 April 2016 di Bumi Surabaya City Resort.
Sampai 4 April 2016, buyer yang sudah mendaftar sebanyak 115 orang terdiri dari buyer 97 orang dari 15 negara, dan buyer dalam negeri sebanyak 18 orang. Sedangkan sellernya sebanyak 81 industri pariwisata (46 industri pariwisata Jatim dan 35 industri pariwisata luar Jatim, red)
“Untuk buyer ini yang ditargetkan yaitu negara yang menjadi pasar Jatim dan memiliki direct flight ke Surabaya maupun negara pasar baru bagi Jatim, serta provinsi luar Jatim. Buyer internasional 85 persen dan 15 persen buyer domestik,” katanya.
Selain travex, nantinya juga ada pameran dan bursa pariwisata yang juga diselenggarakan pada 14-17 April 2016 di Exhibition Hall Grand City Convex diikuti 110 peserta dengan 146 stan. Untuk masuk lokasi pameran dan bursa pariwisata ini, tidak akan dikenakan biaya atau gratis.
“Masyarakat juga bisa datang langsung melihat daya tarik wisata yang ditawarkan, sebab kali ini 27 kab/kota turut serta mempromosikan daya tarik wisatanya melalui pameran dan bursa pariwisata ini,” paparnya. [rac]

Rate this article!
Tags: