Layanan Kependudukan di Block Office Meningkat

Suasana layanan kependudukan di Kantor Dispendukcapil baru yang ada di kompleks BO.

Suasana layanan kependudukan di Kantor Dispendukcapil baru yang ada di kompleks BO.

Kota Batu, Bhirawa
Sejak Senin (4/4) kemarin, warga Kota Batu bisa mendapatkan layanan catatan kependudukan di Kantor Terpadu atau Block Office (BO). Hal ini dilakukan setelah semua peralatan elektronik pendukung berhasil dipindahkan dari kantor Dispendukcapil lama yang berada di Jl.Sultan Agung.
Kini Pemkot berupaya memperbaiki jaringan online di kantor yang baru agar layanan kependudukan secara online bisa segera terlayani.
“Saat ini kita (Dispendukcapil) bersama dengan Telkom tengah melakukan perbaikan jaringan online yang ada di peralatan layanan kependudukan. Kita harapkan dalam waktu tak lama, layanan kependudukan sudah bisa terhubung dengan Kantor Catatan Sipil pusat,” ujar Kepala Dispendukcapil Batu, Maulidiono, Senin (4/4). Dan akibat terkendala server ini, maka aktivasi data KTP belum bisa dilakukan. Namun demikian, layanan kependudukan yang lain bisa diperoleh warga dengan lebih baik.
Maksudnya, kualitas dan kuantitas layanan di kantor baru ini lebih baik daripada di kantor lama. Jika di kantor lama, Dispendukcapil hanya menyediakan 7 loket layanan. Namun di kantor baru ini ada 9 loket yang siap melayani kebutuhan warga. Baik itu Pengurusan Kartu Keluarga, Surat Pindah, maupun Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) bagi warga asing.  Untuk mempercepat pelayanan, di kantor baru ini juga disediakan petugas yang menjaring kelengkapan persyaratan yang dimiliki warga. Artinya, warga yang persyaratan yang dibutuhkan belum lengkap, maka warga bersangkutan tidak bisa masuk ke dalam kantor.
“Dengan demikian, keberadaan warga yang persyaratannya kurang tidak bisa masuk, sehingga waktu dari petugas pelayanan tak akan disedot dan habis untuk melayani warga seperti ini,”ujar Kabid Pendaftaran Kependudukan, Kamim Utomo.  [nas]

Tags: