Jembatan Roboh, Akses Empat Dusun Terputus

Jpeg

Jpeg

Kab Kediri, Bhirawa
Jembatan penghubung antar dusun di Desa Bulu Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri roboh. Dengan robohnya jembatan sentral ini akses tiga Dusun Terputus dan terpaksa harus memutar sejauh 3 kilo jika ingin ke jalan besar.
Dari Keterangan warga setenpat Dilah, peristiwa putusnya jembatan Desa Bulu, Kevamatan Semen ini terjadi sekitar pukul 23,00 Wib Rabu (13/4), akibat tergerussnya pondasi jembatan oleh derasnya air sungai Bruno setelah hujan lebat di kawasan Semen. “Memang sebelumnya sudah rusak di pondasi bagian utara, dan akibat dersanya air sungai pondasi yang sebelah selatan juga tergerus dan tadi malam roboh,” kata Dilah, Kamis (14/4).
Menurutnya Jembatan ini dibangun sejak 1995, dan mulai terjadi kerusakan sudah sejak tahun 2015 lalu, sehingga warga memasang pasang pengumuman agar kendaraan roda 4 tidak melintasi jembatan tersebut. ” Warga dari tida dusun yakni dusun Ngawinan,Randu lawang?, Nggapuk, Karang Doro harus memutar jika ke jalan besar” terangnya.
Camat Semen Elok Etika mengatakan, ada tiga jembatan yang dalam kondisi rusak, yakni Jemabatan Sidomulyo, Jembatan Kedak, dan Desa Bulu, namun yang paling parah kerusakannya adalah desa Bulu. “Kerusakan jembatan ini sudah setahun yang lalu, dan kita sudah mengajukan anggaran untuk pembangunan Jembatan ini sejak 2015 dan tahun ini dalam proses lelang,” kata Elok Etika ikut melihat kondisi jembatan bersama Muspika.
Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Hari Wahyu saat cek lokasi mengatakan jika tidak ada penanganan darurat robohnya jembatan tersebut, sebab kondisi jembatan sudah roboh. “Ini akan saya bawa ke forum rapat keadaan jembatan ini, kalau penaganan darurat kami handle, karena ini sudah roboh kita tangani darurat kan ndak mungkin, otomatis kita koordinasikan dengan dinas teknis yakni dinas PU,” terang Wahyu.
Diketahui menurut camat Semen, Kabupaten Kediri ada  3 jembatan rusak yang ada diwilayahnya, dan saat ini tiga jembatan rusak tersebut sudah dianggarkan oleh pemerintah Kabupaten kediri. [van]

Tags: