Gus Ipul Apresiasi Positif Gerakan Pramuka Kota Mojokerto

 Wali Kota Mas'ud Yunus memberikan cindera mata kepada Wagub Jatim, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. [kariyadi/bhirawa]

Wali Kota Mas’ud Yunus memberikan cindera mata kepada Wagub Jatim, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. [kariyadi/bhirawa]

Kota Mojokerto, Bhirawa.
Wagub Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengapresiasi Gerakan Pramuka Kota Mojokerto. Hal ini disampaikannya pada kegiatan pengukuhan Mabicab dan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto di Pendopo Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto, Selasa  (5/4) kemarin. Gus Ipul yang juga selaku Ka Kwarda Jatim berharap Gerakan Pramuka Kota Mojokerto semakin maju.
”Seperti program tahun lalu tiap kabupaten kota menyelenggarakan perkemahan selama dua hari, tidak semua kabupaten/kota sanggup, namun Kota Mojokerto malah minta lebih, ini berkat semangat Kakak Mas’ud Yunus,” paparnya.
Dengan dilantiknya pengurus baru ini, Gus Ipul memohon agar yang sudah baik ini dipelihara dan akan bertambah baik. ”Saya berharap Gerakan Pramuka di Kota Mojokerto bisa mengadakan kegiatan-kegiatan inovatif, menarik, dan menggembirakan, kalau memang harus menggunakan teknologi, ya gunakanlah, agar Pramuka kemasannya menarik dengan pendekatan teknologi informasi,” katanya.
Menurut Gus Ipul, belakangan orang tak memahami Pramuka secara baik, padahal melalui kegiatan pramuka mengajarkan hal-hal yang pokok, seperti mencintai sesama dan mencintai ciptaan Tuhan. Pramuka bisa membentuk karakter kerpibadian yang baik. Pramuka bisa mencetak juara dan jagoan yang akan jadi pemenang di bidang masing-masing, terlebih lagi ketika menghadapi era globalisasi, era Masyarakat Ekonomi Asean, kemajuan teknologi. Pramuka adalah masa depan bangsa,” terangnya.
Sementara itu, Wali Kota Mojokerto, Mas’ud Yunus selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Mojokerto, mengatakan punya tugas besar untuk membangun generasi penerus yang cerdas, berkualitas, berkarakter dan berdaya saing. ”Tugas besar ini semua bisa dilaksanakan melalui Gerakan Pramuka. Maka saya berharap Gerakan Pramuka di kota Mojokerto bisa bangkit,” tandasnya.
Mengacu pada kurikulum tahun 2013, gerakan Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib di masing sekolah. Menurut Mas’ud hal ini sangat penting untuk membangun watak dan karakter, karena pendidikan pramuka mengajarkan banyak nilai-nilai. ”Kita disebut bangsa kalau masih punya karakter dan kepribadian. Kalau karakter dan kepribadian itu sudah tidak ada, maka hakekatnya bangsa itu sudah sirna,” jelasnya.
Usai mengukuhkan, Ka Kwarda Jatim Gus Ipul, didampingi Kamabicab Kota Mojokerto, Mas’ud Yunus memberikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus yang telah dikukuhkan. Sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Mojokerto 2016-2020 yaitu Subambihanto yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. [kar.adv]

Tags: