Daftar Tunggu hingga 2035

Amin Mahfudz

Amin Mahfudz

Amin Mahfudz
Daftar tunggu pemberangkatan calon haji asal Kabupaten Magetan ke Tanah Suci tercatat telah mencapai hingga 2035.  “Bagi warga Magetan yang mendaftar haji pada 2016 ini baru akan berangkat berhaji pada 19 tahun kemudian atau pada 2035 mendatang,” ujar Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magetan Amin Mahfudz  kepada wartawan, Kamis (14/4).
Menurut dia, panjangnya daftar tunggu pemberangkatan haji tersebut disebabkan karena semakin tingginya kesadaran masyarakat muslim untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut. “Selain itu, juga disebabkan karena pertumbuhan ekonomi di masyarakat yang semakin baik dan mapan,” kata Amin Mahfudz.
Ia menjelaskan, lamanya daftar tunggu haji tersebut tidak hanya terjadi di Magetan saja, namun hampir di seluruh wilayah Jawa Timur dan bahkan Indonesia.
“Meski demikian, pemerintah memberi kebijakan kepada calon jemaah haji yang berumur 75 tahun ke atas untuk dipercepat keberangkatannya, dengan syarat ada pendampingnya yang juga menjadi calon jemaah haji dua tahun sebelumnya,” terang dia.
Ia menambahkan, setiap tahunnya rata-rata sekitar 300 orang yang mendaftar haji di Kemenag Kabupaten Magetan. Sementara, jumlah calon jemaah haji Magetan yang akan berangkat tahun ini diperkirakan mencapai 250 orang. [efi,ant]

Rate this article!
Daftar Tunggu hingga 2035,5 / 5 ( 1votes )
Tags: