BBM Turun, Tarif Angkot di Kota Batu Turun 8 Persen

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Imam Mahdi

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Imam Mahdi

Kota Batu, Bhirawa
Penurunan tarif seluruh jenis BBM yang dilakukan oleh pemerintah per 1 April berdampak baik bagi masyarakat. Para pengguna angkutan umum atau biasa disebut angkot di Kota Batu juga akan menikmati penurunan tarif angkutan umum sebesar 8 persen atau setara Rp 200.
Menurut Kabid Angkutan dan Terminal pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Imam Mahdi, penurunan tarif ini sudah disepakati dengan pihak Asosiasi Pengemudi Penumpang Umum (APPU) dan Organda.
“Kami sudah koordinasikan dengan Ketua APPU dan Sekretaris Organda, serta para koordinator jalur. Prinsipnya mereka tidak keberatan dengan penurunan tarif tersebut,” ungkap Imam di kantornya, Senin (4/4).
Ditambahkan, pihaknya saat ini masih melakukan sosialisasi atas kebijakan penurunan tarif angkutan umum tersebut. Jika tidak ada gejolak, maka selanjutnya akan diterbitkannya Peraturan Walikota (Perwali) tentang tarif baru angkutan umum di Kota Batu. Lebih lanjut dikatakan, walaupun penurunan tarif BBM sudah berlangsung beberapa kali dan yang terakhir BBM jenis premium turun Rp 500, penurunan tarif angkutan umum hanya bisa dilakukan sebesar 8 persen.
“Penurunan harga BBM belum diimbangi dengan penurunan harga sparepart dan kebutuhan lainnya. Maka dari turunnya tarif angkutan penumpang juga tidak banyak,” tukas Imam. Ditambahkan, pihaknya optimis tidak ada penolakan penurunan tarif tersebut, sebab dalam prakteknya para sopir sering menarik ongkos di bawah tarif yang telah ditetapkan dalam Perwali.
“Ambil contoh Angkudes jurusan Selecta – Sumberbrantas – Cangar yang tarifnya Rp 9.000, tetapi prakteknya masyarakat cenderung hanya membayar Rp 7.000 saja dan itupun dilayani,” tuturnya. Jika tarif baru diberlakukan, maka untuk jurusan tersebut tarifnya turun menjadi Rp 8.800. Sedangkan untuk pelajar hanya dikenai ongkos Rp 5.000.
Khusus untuk jalur pendek, penumpang umum Rp 3.000 dan pelajar Rp 2.000. Jurusan Songgoriti – Batu, dari semula Rp 4.000 menjadi Rp3.500 dan pelajar Rp 2.000.
“Untuk jarak dekat memang turunnya agak lumayan karena untuk mengimbangi tarif bus. Kalau mahal bisa-bisa nanti beralih ke bus, khususnya untuk jalur Landungsari – Songgoriti- Pujon,” tandas Imam mengakhiri perbincangan. [sup]

Tags: