Akreditasi PAUD

H Abdurrahman

H Abdurrahman

H Abdurrahman
Sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Situbondo, banyak program unggulan yang digagas H Abdurrahman. Salah satu yang terbaru melakukan akreditasi terhadap beberapa lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) formal maupun non formal yang tersebar di Kabupaten Situbondo. Kata Abdurrahman, pihaknya langsung mendatangkan tim dari Badan Akreditasi PNF Jawa Timur dengan dibantu tim dari Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo.
Menurut mantan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Panarukan itu, saat ini di Kabupaten Situbondo ada 829 lembaga PAUD (TK dan sejenisnya). Abdurrahman mengatakan, hingga kini berkembang di kalangan masyarakat bahwa TK berbeda dengan PAUD, yang notebene lebih dahulu berdiri sejak 2002. “Padahal TK itu bagian dari PAUD. Untuk jenis PAUD itu ada yang formal dan non formal. Yang formal itu yang disebut TK dan sebaliknya non formal itu bernama KB, SPS dan sejenisnya,” beber Abdurrahman.
Abdurrahman memastikan tujuan dari akreditasi agar lembaga PAUD itu punya kelayakan. Sebab secara nasional, jumlah PAUD se- Indonesia sebanyak 190.160. Dari jumlah itu, baru 36.561 yang terakreditasi termasuk di Kabupaten Situbondo. “Jika dipersentase baru 19,2 persen yang diakreditasi. Sedangkan khusus di Situbondo yang terakreditasi baru PAUD formal, seperti TK Negeri (TK pembina di Besuki, Panarukan dan Asembagus),” urai Abdurrahman.
Lebih jauh mantan Kasi di Bidang Ketenagaan Dipendik Situbondo ini memaparkan untuk tahun ini calon akreditasi dijatah 20 ribu se-Indonesia, termasuk di dalamnya Kabupaten Situbondo. Nah Situbondo, lanjutnya, sudah mempersiapkan evaluasi kinerja agar betul- betul punya PAUD yang layak. “Akreditasi ini adalah penjamin mutu, layak tidaknya PAUD itu didirikan. Ini juga untuk menertibkan PAUD yang tidak layak. Jika tetap tidak ada perubahan, kami meminta PAUD itu untuk tidak dilanjutkan. Apalagi PAUD di Indonesia pada tahun ini akan mendapatkan bantuan DAK POP senilai Rp 9, 47 miliar,” ungkap Abdurrahman. [awi]

Rate this article!
Akreditasi PAUD,5 / 5 ( 1votes )
Tags: