2017, Semua SMA Terapkan UNBK

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso,saat sidak UNBK di SMAN1 Batu, Selasa (5/4) kemarin.

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso,saat sidak UNBK di SMAN1 Batu, Selasa (5/4) kemarin.

Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu memastikan, tahun depan semua SMA/SMK/MA di Kota Batu sudah melaksanakan Ujian Nasional (UN) dengan sistem Computer Based Test (CBT). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Mistin, saat melakukan sidak pelaksanaan UN bersama Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, Selasa (5/4).
“Semua sekolah SMA/SMK/MA yang ada di Kota Batu sudah menyatakan siap melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer-red) atau CBT pada Ujian Nasional tahun depan,” ujar Mistin ditemui saat melakukan sidak di SMAN 1 Batu.
Dengan menyatakan kesiapannya, berarti sekolah tersebut telah menyediakan sarana pra sarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan UNBK. Yaitu, ketersediaan perangkat komputer yang didukung dengan jaringan Internet atau online.
Sebenarnya di setiap sekolah telah memiliki perangkat komputer. Hanya saja tinggal memasang jaringan Internet serta melakukan penambahan jumlah komputer sesuai dengan yang dibutuhkan.
Untuk pengadaan komputer dan pemasangan jaringan ini, kata Mistin, di setiap sekolah bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) dari Pemkot.
“Yang penting anggaran yang digunakan untuk pengadaan tersebut tidak melebihi dari 20 persen dari Bosda yang diterima,”jelas Mistin.
Dengan target tersebut, dalam setahun ke depan Dindik meminta agar semua SMA/SMK/MA segera melakukan pelatihan atau try out UN dengan sistem CBT kepada para siswanya. Ketersediaan waktu setahun ini dirasa mencukupi untuk mengenakan dan melatih siswa menggunakan CBT.  Diketahui, dalam pelaksanaan UN tingkat SMA tahun ini, di Kota Batu baru ada 4 sekolah yang telah menggunakan sistem CBT. Yaitu, SMAN1, SMKN3, SMK Wiyata Husada, dan SMK Islam Batu.
Adapun pada tahun pelaksanaan UNBK di tingkat SLTP baru ada di SLTPN 1 Batu. Khusus tingkat SLTP, pelaksanaan UN di tahun depan juga belum bisa mengikuti UNBK semua.
“Hal ini lebih banyak dikarenakan pada kesiapan para siswa di tingkat SLTP. Namun demikian, di tahun depan selain SLTPN 1 kita berharap ada sekolah SLTP yang lain yang mengikuti UNBK,”harap Mistin.  [nas]

Rate this article!
Tags: