Jumlah Peserta MTF Capai 90 Persen dari Target

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Pemprov, Bhirawa
Persiapan agenda besar tahunan budaya dan pariwisata yang berskala Internasional pariwisata Pemprov Jatim “Majapahit Travel Fair 2015  kini sudah mencapai 90 persen. Baik jumlah kepesertaan buyer dan seller hingga kesiapan lokasi travex dan pameran kepariwisataan.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Jatim, Dr H Jarianto MSi melalui Kepala Bidang Pemasaran, Susariningsih,  Minggu (26/4).  Jumlah tersebut diprediksi akan bertambah menjelang hari pelaksanaan MTF.
“Untuk buyer sudah hampir mencapai target, sedangkan seller juga sama. Kami terus berupaya untuk menarik minat para buyer dan seller,” katanya, Minggu (26/4).
Menurutnya, MTF tahun lalu 2014 sukses mendatangkan 90 buyers yang datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Cina, Rusia, dan Phillipina serta dari Jakarta, Bandung, Banjarmasin, Yogyakarta, Bangka Belitung, dan Lombok.
Sekitar 80% buyers berasal dari luar negeri dan 20% buyers domestiký. MTF merupakan agenda tahunan Dinas Pariwisata Jawa Timur yang tahun ini akan memasuki edisi ke-16. MTF tahun ini 2015 menargetkan 90 sellers yang akan datang dari seluruh Jawa Timur (70%) dan dari destinasi lain seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali (30%); menargetkan sekitar 115buyersý akan hadir.
Sebagai tuan rumah, Jawa Timur berharap dapat mengulangi sukses tahun lalu dimana 80% buyers datang dari luar negeri. Tahun ini diharapkan selain para pembeli dari Malaysia, Singapura, Thailand, Phillipina, Cina yang datang pada tahun lalu, juga akan datang dari Brunei, India, Hong Kong, Nepal, dan tentunya peningkatan pembeli dari dalam negeri. Target transaksi potensial MTF tahun ini diharapkan dapat naik sekitar 15 persen dari tahun lalu.
Seperti diketahui, MTF merupakan salah satu upaya Pemprov Jawa Timur untuk mengembangkan keragaman acara sekaligus memperkenalkan tempat-tempat wisata dan produk-produk yang ditawarkan di provinsi paling timur di Pulau Jawa.
Dengan MTF diharapkan dapat meningkatkan kontribusi sektor pariwisata dan membuka peluang-peluang bisnis baru. Selama 15 tahun MTF konsisten menyelenggarakan travex, pameran pariwisata dan perjalanan, dan menggelar pertunjukan seni budaya dari berbagai daerah.
Travel exchange (travex) pada MTF adalah pertemuan bisnis yang diselenggarakan dalam format table top antara industri pariwisata dalam negeri sebagai penjual dengan industri pariwisata dari dalam dan luar negeri sebagai pembeli. Hal ini berpotensi membantu bisnis pariwisata domestik, regional dan internasional serta mempromosikan dan memasarkan produk-produk mereka dan membangun jaringan bisnis. [rac]

Tags: