Forpimda Tulungagung Segera Sikapi FPI

Syahri MulyoTulungagung, Bhirawa
Pro dan kontra pendirian Front Pembela Islam (FPI) di Kabupaten Tulungagung mendapat perhatian serius dari Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE MSi. Dia berencana segera mengadakan rapat bersama dengan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) setempat terkait masalah tersebut. “Menyikapi adanya FPI kita perlu rapat Forpimda,” ujarnya menjawab Bhirawa kemarin tentang keberadaan FPI yang kini menjadi perbincangan hangat warga Tulungagung.
Diakui mantan legislator DPRD Jatim ini, sudah ada permintaan dari DPRD untuk duduk besama dalam menyikapi keberadaan FPI di Tulungagung. Termasuk di antaranya permintaan dari Kapolres Tulungagung.
“Rapat dilakukan berdasar adanya demonstrasi yang menolak dan ada pula yang menyetujui (pendirian FPI). Kami akan mengambil sikap yang terbaik. Nanti ada penandatanganan surat bersama (Forpimda),” paparnya.
Senada, Wakil Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM mengatakan hal yang sama. Menurut dia, bakal ada rekomendasi dari Forpimda terkait pro dan kontra pendirian FPI di Tulungagung. “Forpimda akan mengeluarkan rekomendasi. Ini karena ada yang setuju pendirian FPI dan ada pula yang menolak dengan aksi demonstrasi,” tuturnya.
Sayangnya, Bupati Syahri dan Wakil Bupati Maryoto Birowo tidak menyampaikan waktu penyelenggaraan rapat Forpimda tersebut. Mereka hanya mengakan bakal dilakukan secepatnya.
Seperti diberitkan, Selasa (28/10) lalu, Kota Tulungagung kembali diramaikan dengan aksi unjuk rasa oleh warga yang mengatasnamakan sebagai Aliansi Warga Tulungagung Cinta Damai . Aksi turun jalan tersebut dilakukan sebagai tandingan atas dilakukannya acara pengajian yang dilakukan FPI di Gedung Balai Rakyat di hari yang sama.
Pengunjuk rasa kembali menuntut agar FPI tidak berdiri di Kota Marmer Tulungagung. Alasannya, keberadaan FPI meresahkan dan dikhawatirkan akan melakukan tindakan-tindakan anarkisme.
Belum lama ini, Aliansi Warga Tulungagung Cinta Damai telah melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Tulungagung dan Mapolres Tulungagung. Sedang kemarin mereka melakukan aksi di Kantor DPRD Tulungagung dan Kantor Bupati Tulungagung.
Saat beraksi di Kantor DPRD Tulungagung, para pengunjuk rasa kembali mendapat tanggapan dari Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi. Ia yang mendatangi para pendemo di jalan depan Kantor DPRD Tulungagung mengatakan memahami apa yang menjadi kekhawatiran pengunjuk rasa. “Kami sudah berkirim surat ke bupati sebagai koordinator Forpimda. Tapi masih belum ada balasan. Surat itu untuk membicarakan terkait tuntutan pengunjukrasa di tingkat Forpimda,” katanya. [wed]

Keterangan Foto : Bupati Syahri Mulyo.

Tags: