Wujud Hablum Minallah dan Hablum Minannas

Gubernur Jatim Dr H Soekarwo menyerahkan sapi berjenis Simental dgn berat 1,21 ton asal Kab. Nganjuk kpd Dirut Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Endro Siswantoro di hari raya Idul Adha 1435 H.

Gubernur Jatim Dr H Soekarwo menyerahkan sapi berjenis Simental dgn berat 1,21 ton asal Kab. Nganjuk kpd Dirut Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Endro Siswantoro di hari raya Idul Adha 1435 H.

Pemprov Jatim, Bhirawa
Gubernur Jatim Dr H Soekarwo meminta agar daging hasil penyembelihan hewan kurban, pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1435 H harus memprioritaskannya kepada masyarakat kurang mampu. Tujuannya agar masyarakat kurang mampu juga menikmati indahnya hari raya kurban.
“Hewan kurban yang disembelih dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pemprov Jatim akan menyalurkan daging kurban melalui Takmir dari Masjid Nasional Al-Akbar. Semoga ini bagian dari hablum minallah dan hablum minannas kita sebagai umat muslim yang beriman,” kata Gubernur Soekarwo, seusai menyerahkan Sapi Kurban seberat 1.210 kilogram jenis simental berumur empat tahun asal Nganjuk, kepada Direktur Utama Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Surabaya, Minggu (5/10).
Menurutnya, makna Idul Adha kali ini sebagai bentuk kesalehan sosial yang dibangun dari manusia yang beriman. Banyak dari masyarakat Jatim yang hidupnya sejahtera sehingga pada ibadah kurban tahun ini di setiap tempat ibadah banyak yang berkurban.
“Jumlah masyarakat berkurban tahun ini naik sebesar 24 persen dibanding tahun lalu. Ini menunjukkan kesadaran masyarakat antara hubungan kepada Allah SWT atau hablum minallah dilakukan dengan baik, namun diimbangi dengan hablum minannas atau hubungan sejajar dengan manusia juga dijaga secara baik,” terangnya.
Sementara itu, Direktur Utama Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Erdro Siswantoro menjelaskan, bahwa pembagian daging kurban akan dilakukan dengan koordinasi secara terstruktur. Penyerahan  daging kurban akan langsung diberikan kepada panti asuhan, mushola, masjid sekitar Masjid Nasional Al-Akbar. Bahkan panitia telah mendatangi kelurahan untuk mendata setiap warga yang berhak menerima daging kurban. “Tahun ini jumlah keseluruhan dari hewan kurban yakni untuk Sapi sebanyak 25 ekor dan 66 Kambing ekor,” jelasnya.
Sementara itu dalam Khutbah Idul Adha 1435 H, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jatim Drs H Mahfudh Shodar MAg mengatakan, ibadah kurban merupakan salah satu ritualitas agama yang dimensi sosialnya sangat kental.
Ibadah kurban juga mendidik kepada setiap muslim untuk memaknai bahwa ibadah yang dilakukan kepada Allah haruslah disertai dengan sikap rela berkurban. “Dengan sikap tersebut, seorang muslim tentu akan mengesahkan seluruh potensi dan kemampuan yang dimiliki dalam merealisasikan setiap amalan dan ibadanya,” ungkapnya. [iib]

Tags: