Warga Sampang Kota Pertanyakan Proyek PL Kawasan Kritis

6-foto A lis-lokasi proyek PL di dusun song-osong Desa Aeng Sareh Sampang Kota.1Pemkab Sampang, Bhirawa
Pembangunan penunjukan langsung (PL) proyek kasawan kritis daerah tangkap sungai dan danau di Dusun Song-osong Desa Aeng Sareh Kecamatan Sampang Kota, dipertanyakan sejumlah warga setempat. Pasalnya proyek tersebut terindikasi menyalahi prosedural.
Jakfa (26) warga dusun Song-osong Desa Aeng Sareh Sampang kota Rabu (1/10), mengungkapkan proyek pembangunan saluran tersebut diduga telah menyalahi aturan, sebab berdasarkan pengumuman elektronik proyek tersebut, termasuk pengadaan langsung (PL) kegiatan rehabilitasi kawasan kritis daerah tangkapan sungai dan danau dengan anggaran kurang lebih Rp 149 juta.
“Padahal lokasi pekerjaan tersebut tidak termasuk kawasan kritis seperti yang muncul di pengumuman elektronik, sebab disekitar lokasi tidak ada sungai dan danau lalu apa alasan PU Pengairan Sampang menentukan lokasi tersebut sebagai kawasan kritis.kata Jakfar yang juga aktivis fajar pergerakan mahasiswa pemuda sampang (PMPS).
Hal senada juga diungkapkan Moh Jamali (24) warga dusun song-osong Desa Aeng Sareh Sampang kota. Pembangunan saluran tersebut benar tidak ada sungai dan danau di sekitar lokasi, yang ada hanya termpat pembuangan air rumah tangga saja.
Sementara di tempat terpisah Imam Iriawan kabid operasi dan pemeliharaan PU Pengairan Kabupaten Sampang, ia membantah kalau lokasi proyek PL di dusun Song-Osong menyalahi prosedur, sebab semua itu sudah berdasarkan kajian teknis.
Kegiatan rehabilitasi kawasan kritis daerah tangkapan sungai dan danau di dusun Song-osong Desa Aeng Sareh, adalah Nomenklatur yang berdasarkan Perda yang mengacu pada Nomenklatur kementrian PU. “Kegiatannya dapat berupa kegiatan konstruksi air secara umum, baik itu saluran pembuang, saluran irigasi, embung, bendungan, bending, plengsengan dan lain-lain. Bahkan Lokasi itu atas usulan tokoh di sana termasuk Jakfar yang memprotes tersebut, lalu kita survey dan memenuhi aspek teknis. [lis]

Keterangan Foto:Lokasi proyek kawasan kritis di Dusun Song-Osong Desa Aeng Sareh Kecamatan Sampang Kota. [nurkholis/bhirawa]

Tags: