Unair Banyuwangi Bukan Ancaman PTS

Unair BanyuwangiBanyuwangi, Bhirawa
Kampus Universitas Airlangga cabang Kabupaten Banyuwangi dinilai bukan ancaman bagi perguruan tinggi swasta lain di kabupaten setempat. Keberadaan Unair Banyuwangi justru semakin melengkapi pondasi pendidikan demi memacu kesejahteraan dan roda pembangunan ekonomi di Bumi Blambangan.
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan kehadiran kampus Unair melengkapi 13 PTS lain yang telah berdiri di Banyuwangi. Unair dan PTS lain, kata Anas, bisa berkolaborasi dalam aspek riset dan pemberdayaan masyarakat untuk mereduksi angka kemiskinan.
Menurut Anas, keberadaan PTN ketemu relevansinya jika dikaitkan era pemilihan kepala daerah langsung. Meski kepala daerah berganti, ia yakin program pendidikan yang kokoh tidak berubah karena perguruan tinggi memiliki peran Tri Dharma Pendidikan di tengah masyarakat yang bergerak dinamis.
“Jangkar pendidikan ini penting meski pemimpin daerah berganti. Karena itu butuh tiang pancang atau pondasi pendidikan yang kuat di sini. Unair dan 13 PTS ini bisa berkontribusi positif seperti penelitian kemiskinan,” kata Bupati Anas di sela-sela meresmikan kampus Unair cabang Banyuwangi, Ahad (19/10). [nan]

Rate this article!
Tags: