Terminal Situbondo Dipercantik Demi WTN

7-foto A AWI-TERMINAL BARU1Situbondo, Bhirawa
Guna ikut memajukan pembangunan Kota Santri, banyak program unggulan yang digagas Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi (Dishub-Kominfo) Kabupaten Situbondo sepanjang tahun 2014 ini. Salah satu diantaranya yang paling menonjol adalah rehab (perbaikan) sarana prasarana terminal Kota Situbondo, yang berada di Jalan Jawa, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo.
Dari pengamatan Bhirawa menyebutkan, beberapa titik yang intens dipugar Dishub-Kominfo Kabupaten Situbondo diantaranya, tempat ruang tunggu penumpang, gapura pintu masuk sebelah selatan serta gapura pintu keluar sebelah timur.
“Khusus untuk gapura sebelah timur dianggarkan  sebesar Rp 180 juta dan gapura sebelah selatan Rp 185 juta serta rehab ruang tunggu sebesar Rp 135 juta,” tutur pelaksana kegiatan Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Situbondo, Ali, melalui telepon, kemarin (8/10).
Menurut pria pemilik bendera CV Putera Blambangan itu menambahkan, sampai saat ini kegiatan rehab terminal Situbondo sudah memasuki tahap penyelesaian (finishing). Semua pekerjaan, sambung Ali, ia lakukan dengan RAB yang telah ditentukan pihak konsultan.
“Ini agar hasil pekerjaan sesuai dengan Spek yang ada. Termasuk diantaranya atap tempat bus menunggu penumpang kita buat dengan desan melengkung agar sedap dipandang masyarakat. Untuk bahannya sengaja kami ambilkan dari bahan galvalum,” tegas Ali.
Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Situbondo, H. Lutfi Joko Prihatin SH, M.Hum mengatakan, kegiatan rehab terminal Situbondo yang merupakan salah satu simbol kemajuan suatu daerah akan terus dibenahi dimasa mendatang.
Pasalnya, kata Lutfi, keberadaan terminal merupakan salah satu lokasi yang menjadi jujugan tim penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) pada tiap tahunnya. Oleh karena itu, imbuh Lutfi, pihaknya serius melakukan pembenahan terminal, guna mendukung pencapaian piala tertib lalu lintas tersebut ditahun mendatang. “Alhamdulillah tahu 2014 ini kami kembali memperoleh Piala WTN dari Kementerian Perhubungan RI,” aku mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Situbondo itu.
Menurut Lutfi, kedepan pihaknya bersama komponen yang lain akan berupaya keras memperoleh WTN Kencana. Salah satu caranya, sebut mantan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, melakukan pembenahan rambu-rambu lalu lintas, lahan parkir kendaraan dan menyediakan layanan prima di terminal Situbondo serta pemasangan PJU di pantura.
“Sejak hari ini (9/10) kami melakukan perubahan arus jalan kendaraan. Misalnya dari Jalan A Yani (pos polisi) ketimur persimpangan Tanjung hanya satu arah. Sebaliknya dari arah Jalan Pemuda ke jalan Diponegoro juga satu arah. Itu dilakukan agar supaya Situbondo bisa memperoleh WTN Kencana,” beber mantan Kabag Hukum itu. [awi]

Keterangan Foto : Wajah terminal penumpang Kabupaten Situbondo setelah dibenahi oleh Dinas Perhubungan dan Kominfo Situbondo, kemarin. Salah satu atap tempat parkir bus dipoles dengan bahan galvalum. [sawawi/bhirawa]