Siswa SD di Lima Kecamatan Dapat Makan Gratis

Makan GratisGresik,Bhirawa
Kerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK, Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM)  Kab Gresik mengucurkan program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) sebesar Rp285 Juta. Program PMTAS ini secara simbolis diserahkan Ketua TP PKK Kab Gresik, Maria Ulfa Sambari kepada Ketua TP PKK Desa penerima di Ruang Retno Suwari Kantor Bupati Gresik Selasa (28/10) kemarin.
Pada penyerahan yang sekaligus pemberian materi teknis PMT-AS, Ketua TP PKK Kab Gresik, Ny Maria Ulfa yang juga isteri Bupati ini mengatakan, banyak sekali manfaat dari program PMT-AS itu yaitu untuk meningktakan gizi bagi kader penerus bangsa khususnya yang masih duduk dibangku SD maupun MI. ”Selain itu, bagi kami sebagai program untuk menginventarisir kudapan yang ada di Gresik,” kata Maria Ulfa.
Program PMT-AS ini yaitu memberikan makanan tambahan yang bukan sarapan berupa kudapan dengan nilai gizi tak kurang dari 300 kalori. Maria Ulfa juga mengingatkan, program PMT-AS bekerjasama dengan TP-PKK yang pelaksanaannya dilaksanakan TP PKK desa.
Ada penekanan dari orang nomer satu di Kab Gresik ini agar dalam melaksanakan program ini menjaga faktor kebersihan dan kesehatan. Kedua faktor ini juga perlu diperhatikan sejak pemilihan bahan, pengolahan serta penyajian. ”Yang lebih penting pelaksanaannya harus oleh TP PKK desa dibantu oleh wali murid, bukan oleh guru karena guru fokus hanya mengajar,” katanya.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemkab, Gresik Agus Budiono saat memberikan materi pada kegiatan itu mengatakan, program PMT-AS ini dilaksanakan pada 10 SD dan MI di 5 desa di lima Kecamatan. Ada 1.284 siswa terbagi di 5 desa masing-masing 398 siswa dari Desa Lebaniwaras Wringinanom, 211 siswa dari Desa Kalipadang Benjeng, 270 siswa dari Desa Sukoanyar, Cerme, 190 siswa dari Desa Abar-abir Bungah, 215 siswa dari Desa Tiremenggal Dukun. Masing-masing siswa dijatah kudapan sebesar Rp3 ribu per hari selama 3 bulan. Pemberian PMTAS berupa makanan kudapan bergizi dengan kandungan gizi energy 300 kalori, protein 5 gram.
”Untuk memberikan pemahaman tentang kandungan gizi, pengolahan yang bersih dan higienis, maka pada kesempatan ini kami memberikan petunjuk teknis dengan menghadirkan beberapa nara sumber yaitu dari Dinas Kesehatan Gresik dan Dinas Pertanian Gresik. Hal ini Sesuai arahan Ketua PKK agar pelaksana program ini harus berkonsultasi dengan pihak Dinas terkait sampai pada tingkat pelaksana di desa,” katanya. [eri]

Tags: