PT XL Luncurkan 4G-LTE Pertama di Indonesia

4G-Website-BannerSurabaya, Bhirawa
4G-LTE (Long Term Evolution) merupakan layanan internet dengan kecepatan tinggi hingga 100 Mbps, lebih cepat 15 kali dibandingkan dengan jaringan 3G. Layanan internet ini diluncurkan pertama kali di Indonesia oleh PT XL Axiata Tbk (XL) di Sheraton Hotel Surabaya, Selasa (28/10), sekaligus pengenalan logo baru XL.
Dengan didukung mitra penyedia jaringan terkemuka yakni Huawei dan Ericsson layanan jaringan ini juga hanya dimiliki beberapa negara di dunia seperti Swedia, Amerika, Hongkong, Denmark, Kanada, Australia, Korea Selatan, Jerman dan Jepang.
“Nilai investasi yang dikeluarkan XL untuk menyediakan layanan mobile 4G-LTE ini mencapai Rp 7 triliun dan sudah menjadi bagian dari keseluruhan nilai investasi XL di tahun 2014,” ungkap Deputy CCO XL East & North, Kencono Wibowo.
Ia menambahkan, layanan internet berkecepatan tinggi dengan teknologi 4G-LTE ini baru bisa dinikmati masyarakat Surabaya di bulan Desember 2014 nanti dan hanya akan disediakan 10 BTS dibeberapa tempat seperti di Plaza maupun di daerah yang penggunaan internetnya tinggi. Sementara layanan ini baru bisa dinikmati terbatas di beberapa lokasi di Jakarta dan selanjutnya secara bertahap akan memperluas di beberapa kota lainnya.
Karena untuk memasyarakatkan layanan ini dibutuhkan pembangunan ekosistem pendukungnya seperti penyediaan ponsel yang mampu beroperasi di jaringan 4G-LTE dan terjangkau untuk semua kalangan pelanggan. [riq]

Tags: