Pemkab Sidoarjo Tak Contoh Gubernur Jatim Soal Mobdin

30-foto-bupati serahkan kunci mobdin baru camatSidoarjo, Bhirawa
Pemkab Sidoarjo tidak sungkan dan tidak mencontoh perilaku  Gubernur Jatim, Soekarwo, soal mengganti mobil dinas.Sebab mobdin dinas 18 Camat di Sidoarjo, yaitu Toyota Terios yang masih kinyis-kinyis berumur dua tahun, kemarin sudah diganti lagi dengan mobdin baru, Toyota Rush.
Padahal mobil dinas orang nomor satu di Jawa Timur saja, meski sudah berumur dua belas tahun, namun hingga saat ini tidak ganti-ganti. Ia tetap bertahan dan menikmatinya.
PNS sumber Bhirawa berpendapat, mengganti mobil dinas itu idealnya bila sudah 5 tahunan. Sebab mungkin sudah ada salah satu mesin yang sudah aus karena pemakaian, walaupun sudah rutin dalam perawatannya.
” Kalau masih dua tahun tapi sudah diganti, itu namanya pemborosan anggaran,” pendapatnya, Rabu (29/10) kemarin.
Menurutnya, pejabat di Sidoarjo memang betul-betul dimanjakan dengan mobil dinas. Ia dapat informasi, di Kab Tuban saja, pejabat setingkat eselon tiga saja masih dapat sarana transportasi berupa sepeda motor.
Padahal sarana transportasi berupa sepeda motor,  di Kab Sidoarjo hanya diberikan untuk PNS kalangan staf. Malah bahkan ada juga staf PNS yang tidak bersedia memakainya. Seperti contoh di kantor BPMPKB Sidoarjo ada sekitar 4 sepeda motor yang dimasukkan gudang karena tidak ada PNS yang memakainya.
Menurutnya, mungkin Pemkab Sidoarjo bisa meniru apa yang dicontohkan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo.  Karena tidak mau dianggap aji mumpung, pakde karwo tetap bertahan dengan mobil dinas bututnya,  Toyota Land Cruiser V8 keluaran tahun 2002, peninggalan mantan Gubernur Jatim, Imam Utomo.
Meski usia kendaraan sudah 12 tahun, pernah mogok saat mendampingi Menteri dan jok mulai kempes, tapi orang nomor satu di Jawa Timur ini tetap setia menggunakan Mobdin beropol L 1711 BS itu.
Bupati Sidoarjo , Saiful Ilah, sendiri  usai menyerahkan mobdin baru untuk 18 Camat ini  di Pendopo Delta Wibawa, sempat berpesan agar para Camat memanfaatkannya untuk menunjang kelancaran tugasnya.  Sehingga diingatkan agar digunakan untuk keperluan kerja, dilarang untuk keperluan selain kedinasan.
Sementara mobdin Camat yang lama, akan diserahkan pada para Sekretaris Kecamatan sebagai mobil dinasnya.  (ali)

Keterangan Foto : Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, menyerahkan kunci mobdin baru Camat kepada Camat Krian, di pendopo delta wibawa, usai upacara hari Sumpah Pemuda, kemarin.

Tags: