Pemkab Sidoarjo Gandeng UWKS Bentuk Rumah Baca

6-MoU- -Ach-2Sidoarjo, Bhirawa
Untuk memberikan pelayanan dan pembelajaran bahasa asing bagi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya. Pemkab Sidoarjo telah membuat terobosan baru, yakni menggandeng UWKS (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya) untuk mendirikan rumah bahasa.
Selain menggandeng UWK, Pemkab Sidoarjo juga menggandeng beberapa Perguruan Tinggi di Surabaya dan Sidoarjo, yakni dari UWK Surabaya, Unsuri (Universitas Sunan Giri) Surabaya dan Tiga Sekolah Tinggi YPM Sidoarjo (STIE, STIH dan STT).
Kerjasamanya telah ditandatangani dalam MoU (Memorandum off Understanding) bersama antara Pemkab Sidoarjo dan UWK, langsung oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah SH MHum serta wakil-wakil dari lima PTS secara bergantian, akhir pekan kemarin di Ruang Transit Pendopo Kabupaten.
Usai melakukan penandatanganan MoU, Bupati Saiful Ilah yang didampingi Kabag Kerjasama Ari Suryono SSos mengatakan kalau Pemkab Sidoarjo terus membuka diri, bekerja sama dengan perguruan tinggi. Karena Sidoarjo selama ini sudah menjadi ‘jujugan’ PTN/PTS dengan berbagai macam kegiatan, diantara KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang terus berjalan. ”Saya sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan, kerjasama dengan perguruan tinggi semacam ini,” katanya.
Sementara itu, menurut Kabag Kerjasama, Ari Suryono SSos kalau kerjasama dengan Fakultas Bahasa dan Sains UWK akan dikembangkan dalam pendirian rumah bahasa. Rumah bahasa ini akan menyelenggarakan pelayanan, pembelajaran bahasa asing bagi masyarakat dengan tak dipungut biaya.
Sementara dengan Unsuri dan Sekolah Tinggi YPM adalah rintisan kerja sama baru, untuk  UWK tahun ini adalah perpanjangan kerja sama periode yang kedua. Ada beberapa capaian yang telah dilaksanakan UWK dalam lima tahun yang lalu, antara lain di bidang pendidikan, dalam bentuk kegiatan kerja sama dengan RSUD dalam pengelolaan program profesi dokter, dimana RSUD Sidoarjo menjadi RS Pendidikan.
Selain itu, juga pelaksanaan PKL Fakultas Kedokteran pada Puskesmas di wilayah Kab Sidoarjo, dan dukungan Fakultas Kedokteran Hewan berupa kegiatan penelitian, konsistensi dan PKL di laboratorium kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner, serta UPTD Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Peternakan.
Untuk periode berikutnya, kerja sama Pemkab Sidoarjo dengan UWK Surabaya akan dikembangkan pada bidang lain, prioritas utamanya adalah dengan Dinas Pendidikan Kab Sidoarjo. Yakni untuk pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pelaksanaan PPL Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sains. ”Lebih teknis, kerja sama ini nantinya akan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Dinas Pendidkan dengan Dekan Fakultas Bahasa dan Sains UWK Surabaya,” pungkas Ari Suryono. [ach]

Keterangan Foto : Dekan UWK saat tandatangan MoU disaksikan Bupati Saiful Ilah dan Kabag Kerjasama Ari Suryono. [achmad suprayogi/bhirawa]

Tags: