Pelajar MAN Sabet Tropy Bupati Jombang

karya tulisJombang, Bhirawa
Karya Tulis, berjudul “Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Kepedulian Lingkungan melalui usaha caperwall pada siswa” memenangi lomba Karya Tulis Ilmiyah (LKTI) dan Fotografi dan berhasil menyabet Tropi bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko.
Karya pelajar MAN Tambak Beras ini menyisihkan 38 peserta lain yang mengikuti lomba LKTI dan Fotografi yang digelar PWI Perwakilan Jombang dengan tema Pemuda Peduli Lingkungan.” Dari hasil presentasi 10 besar, hasil penulisannya bisa dipertanggungjawabkan dengan baik, total nilainya mencapai 7241.3,”terang ketua panitia, Saipul Mu’alimin (28/10).
Karya Tulis yang digarap tiga siswa Mira Aprila Nur Fadilah, Diah Arinatus Safifah dan Dina Puspa Meliant mengangkat pemanfaatan kertas bekas pembungkus semen menjadi berbagai kerajinan unik  seperti souvenir dan buah tangan ini berhak mendapat tropy bupati Jombang dan uang tunai sebesar Rp 2 juta. Penyerahan hadiah dilakukan Wabup Jombang Hj Mundjidah Wahab dalam puncak acara Grand Final Lomba LKTI dan Fotografi di PWI Jombang, Selasa (28/10).
MAN Tambaberas ternyata tak hanya memenangkan Juara I. Sekolah di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas (PPBU) ini, dengan tim yang berbeda (juga tiga siswi), juga menyabet Juara II. Lewat karya tulis judul ‘Penerapan Tekonologi Pengolahan Sampah Aluminium sebagai Sumber Energi Alternatif’, tiga siswi, Mitha Aprilia Mufidah, Siti Faiqotul   dan  Laily Ni’matul A  meraih Juara II. Mereka berhak atas uang Rp 1,5 juta dan trofi.
Sedangkan Juara III, disabet Shofinatul Jannah, Arista Anggraini, dan Dairoh Warokoh dari MAN Mojoagung, dengan karya bertajuk ‘Pengolahan Sampah Organik Cair Lindi (Leachate) sebagai Pupuk Organik Cair (POC). Mereka memperoleh uang Rp 1 Juta dan trofi.
Juara Harapan I diraih M Anwar Najmi Sulthony, Ramadhania Deninta Sismi, dan Siti lailatul Mukaromah, dengan karya berjudul ‘Pengolahan Sampah Popok Bayi Sekali Pakai sebagai Barang yang menguntungkan bagi Masyarakat’. Juara Harapan II  direbut Khafid Ubay Ilyas, dan Nita Safitri Zamhahiro dan Tiara Gadis Safitri dari MAN Jombang, dengan karya ‘Pupuk Enceng Gondok sebagai Alternatif Alami Mengatasi Eutrofikasi dan Menyeimbangkan Ekosistem Air’. Juara harapan hanya mendapat penghargaan.
Selain LKTI, PWI Jombang juga menggelar Lomba Fotografi, yang para pemenangnya diumumkan di acara yang sama. Kelima pemenang Lomba Fotografi adalah Fairouz Salma dari MA Al Qur’an Hanifida dengan foto berjudul ‘Penuh Warna’. Kemudian Juara II Miftahul Yusuf Ade Setiawan   dari MA Faser Wonosalam dengan foto berjudul ‘Stop Ilegal Logging. Juara III  Fary Anggraini dari SMK Khoiriyah Sumobito dengan judul ‘Penanaman Hutan Kembali’.
Sedangkan Juara Harapan I M Lutfi Maulana MA Al Qur’an Hanifida dengan foto ‘Pahlawan Kebersihan’ dan Juara Harapan II Ahmad Farid Mubarok Madrasah Mu’alimin Tebuireng dengan foto judul ‘Warisan Leluhur’. Seperti LKTI, untuk Lomba Fotografi, Juara I, II dan III mendapat uang tunai masing-masing Juara Rp 2 Juta, Rp 1,5 juta dan 1 Juta, ditambah trofi. [rur]

Keterangan Foto : Wakil Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab Menyerahkan Tropy dan hadiah uang tunai Rp 2 Juta  kepada pelajar MAN Tambak Beras sebagai Juara 1 Lomba Karya Tulis Peduli Lingkungan yang digelar PWI Jombang. [ramadlan/bhirawa]

Tags: