Pedagang Nikmati Manisnya Buah Mangga

8-kaki-manggaSitubondo, Bhirawa
Belum datangnya musim panen mangga disambut bahagia oleh sejumlah pedagang yang tersebar di Kabupaten Situbondo, kemarin (28/10). Ini karena, harga buah dengan nama latin Magnifera indica  melonjak cukup tajam.
Jika musim mangga tiba, harga mangga jenis manalagi paling tinggi berkisar hanya Rp 5.000/kg. Sebaliknya, saat ini yang belum memasuki musim puncak panen, harga mangga besar itu bisa tembus Rp 15.000 tiap kg-nya.
Berbeda dengan mangga jenis arum manis, saat dijual pedagang eceran sebesar Rp 7.500 tiap-kg-nya. Jika pada musim puncak panen, harga mangga yang berukuran kecil tapi memiliki rasa manis ini hanya berkisar Rp 3.000 tip-kg-nya. Sementara itu, mangga jenis gadung, saat in dilempar ke pasaran sebesar Rp 10.000, tiap-kg-nya. Jika musim panen, hanya laku antara Rp 4.000 sampai Rp 5.000, tiap kg-nya.
Salah satu pedagang mangga asal Desa Talkandang, Kecamatan Kota Situbondo, Sutinah, mengatakan, kondisi harga mangga saat ini membuat dirinya mendapatkan untung yang besar jika dibandingkan saat mangga dimasa panen. “Ini karena kalau mangga lagi memasuki masa panen, stok mangga sangat melimpah, sehingga harga bisa turun drastis. Berbeda jika mangga belum panen, maka harga akan melonjak, sehingga kami mendapatkan untung yang lumayan,” tegas perempuan paro baya itu kemarin.
Menurut Sutinah, biasanya masa panen mangga di Kota Situbondo terjadi pada bulan Desember dan Januari, tiap tahunnya. Dimasa itu, sebut dia lagi, perputaran stock aneka jenis mangga di Situbondo dipastikan bakal melimpah. Bahkan, papar Sutinah lagi, pernah harga mangga jatuh hingga Rp 1.000 per-kg-nya. “Mau gimana lagi, meski murah yang kita jalani. Sebab saya tidak punya keahlian pekerjaan lain. Ya bisa ditebak untungnya bakal pasti tipis,” urai Sutinah.
Sementara itu, pengamatan Bhirawa, akhir-akhir ini diberbagai kawasan perumahan penduduk desa dan lahan perkebunan, banyak ditemui tukang tebas yang melakukan pembelian lebih dini. Ini dilakukan, agar pedagang bisa memenuhi permintaan pelanggan dari luar Kota Situbondo. Selain itu, langkah pembelian dengan cara borongan itu dilakukan untuk memenuhi permintaan sejumlah mall dan supermarket yang tersebar diberbagai kota besar di tanah air. [awi]

Keterangan Foto : Salah satu pedagang mangga saat melayani pembeli di Jalan Raya PB Sudirman, utara alun-alun Kota Situbondo, kemarin (28/10). [ sawawi/bhirawa/bhirawa].

Rate this article!
Tags: