Partisipasi Anak Usia Dini Kab Lamongan Capai 70 Persen

7-FOTO A yit-paudLamongan, Bhirawa
Direktur Pembinaan Pembinaan Anak Usia Dini (PAUD) Erman Syamsuddin pada Kemendikbud menyebutkan angka partisipasi anak usia dini di Lamongan mencapai 70,22 persen. Meski sudah tinggi dibandingkan angka nasional, dia menyebut capaian tersebut masih perlu ditingkatkan lagi.
Hal tersebut disampaikan Erman Syamsuddin saat menghadiri Gebyar Kreativitas Peserta dan Pendidik PAUD serta Pengukuhan Bunda PAUD di Pendopo Lokatantra, Rabu (29/10). “Dari data kami, anak usia dini Lamongan termasuk yang terbesar di Indonesia, sekitar 185 ribu. Dengan besarnya anak usia dini tersebut, maka saya kira angka partisipasi yang mencapai 70,22 persen masih perlu ditingkatkan lagi, ” ucap dia.
Dia menyebut ada dua tugas pokok dari Bunda PAUD yang harus dilakukan. Yakni memotivasi para pendidik dan tenaga kependidikan serta menggerakkan berbagai potensi yang ada, termasuk potensi adanya dana desa di tahun 2015. Selain itu, dia menyebut di Dirjen PAUD di  di tahun 2015 memiliki anggaran sekitar Rp 4 triliun. Separo dari anggaran tersebut, akan diperuntukkan bagi guru PAUD.
Bupati Fadeli juga menyebut tingginya kuantitas PAUD di Lamongan. “Secara kuantitas, PAUD sudah tinggi di Lamongan. Namun kedepan masih perlu ditingkatkan kualitasnya. Karena dari merekalah akan lahir pemimpin-pemimpin baru,” pesan dia.
Data rinci terkait PAUD di Lamongan disampaikan Kepala Dinas Pendidikan setempat, Bambang Kustiono. Dia menyebutkan jumlah lembaga PAUD baik formal maupun non formal mencapai 2.138 lembaga. Itu terdiri dari 973 lembaga Taman Kanak-kanak (TK), 1.062 lembaga Kelompok Bermain (KB), 11 lembaga Taman Penitipan Anak (TPA) dan 92 lembaga Satuan Sejenis (SPS).
Sedangkan pendidik PAUD formal dan non formal ada sebanyak 6.627 orang. Terdiri dari 3.409 orang pendidik TK, 2.863 pendidik KB, 42 orang pendidik TPA dan 313 orang pendidik SPS. Sementara peserta didik PAUD mencapai 52.746 anak. Paling banyak sebanyak 30.778 anak peserta didik TK, 18.954 anak dari KB, 221 anak dari TPA dan 2.793 anak dari SPS.
Bambang Kustiono menyebut alokasi bagi PAUD dari APBD mencapai Rp 9,2 miliar. Diantaranya digunakan untuk bantuan hibah TK, bantuan Alat Peraga Edukasi (APE), serta untuk bantuan transport guru TK,KB,TPA dan SPS.
Selain pengukuhan Mahdumah Fadeli sebagai Bunda PAUD Lamongan dan pengukuan Bunda PAUD kecamatan hingga desa, kegiatan pagi itu juga diwarnai gebyar kreativitas 500 anak PAUD dalam 3 M (mewarnai, menggunting dan menempel). Juga tari kreatifitas oleh 1.137 Guru PAUD. [yit]

Keterangan Foto : Bunda PAUD Lamongan Mahdumah Fadeli bersama Erman Syamsuddin (berkacamata) dan Bupati Fadeli meninjau kreativitas siswa PAUD. [suprayitno/bhirawa]

Tags: