Manfaatkan Lahan Tanah Kosong Untuk Tanam Jahe

Z awi-bisnis jaheSitubondo, Bhirawa
Zaini Zain, tercatat sudah puluhan tahun aktif menekuni dunia jurnalistik, di Radio Bahasa FM, Kabupaten Situbondo. Ditengah waktu luang usai bekerja, Zaini Zain, belakangan ini mulai mengolah lahan tanah kosong di belakang rumah miliknya. Terlintas, akhirnya mencoba menanam bibit jahe merah dalam bentuk kemasan plastik, dengan dijejer rapi di lahan tanahnya. Ide menanam bahan baku untuk jamu itu ia peroleh dari teman akrabnya, di Madura, yang kini sudah menuai sukses besar.
Seiring berjalannya waktu, kata Zaini Zain, kini bisnis tanaman jahe merah miliknya sudah memasuki musim panen. Selain dikirim untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Situbondo, usaha tanaman jahe yang baru ia rintis, kerapkali dikirim keluar daerah Kota Santri. Misalnya saja, sebut Zaini Zain, ke Bondowoso, Jember, Probolinggo, Pasuruan, Banyuwangi dan bahkan ke Denpasar, Bali. “Saya pelan pelan saja memulai usaha tanaman jahe merah ini,” aku Zaini merendah.
Pria yang kini juga menjabat Komunitas Rumah Satu (Forum Wartawan Harian Situbondo) itu menambahkan, usaha tanaman jahe merah memiliki prospek yang menggiurkan. Betapa tidak, kata pria asli Madura itu, selain proses tanamannya tidak ribet juga mudah untuk perawatannya. “Bisnis ini tergolong sangat mudah dan simpel. Cukup memiliki lahan tanah kosong, ditambah bibit jahe merah dan tambahan plastik, dijamin sudah bisa berjalan,” ujar Zaini Zain.
Hanya saja, sambung Zaini Zain, saat ini ia masih belum bisa membuka harga pasaran tanaman jahe merah dengan alasan masih tergolong perintis yang baru. Namun yang membanggakan, Zaini Zain siap untuk menularkan cara dan pola tanaman jahe merah, sehingga dapat memberi hasil yang menggiurkan dimasa mendatang. “Saya siap, jika ada teman atau warga yang mau membuka usaha tanaman jahe merah ini. Kapan saja, kami membuka pintu selebar-selebarnya,” papar Zaini.
Bapak dua anak itu juga menuturkan, berkat usaha tanaman jahe itu, baru-baru ini kedatangan sejumlah elemen tim peneliti ke lokasi usaha barunya tersebut. Selain mengajak untuk bekerjasama pola budidaya tanaman, terang Zain, tim tersebut juga mengajak untuk melakukan kerjasama proses penjualannya. “Kami sangat optimis budidaya tanaman jahe merah ini memiliki prospek yang cerah bagi kalangan pemula. Disamping memiliki dampak yang positif, usaha tanaman jahe merah ini bisa menambah penghasilan, selain menekuni profesi jurnalistik,” pungkas Zain, seraya mengakui hasil panennya kini kian melimpah. [awi]

Teks foto : Zaini Zain, Reporter Radio Bhasa FM Situbondo, saat berada ditengah tanaman jahe yang baru ia rintis, kemarin. {sawawi/bhirawa.]

Tags: