Kualitas Air PDAM Sidoarjo Dikeluhkan

achSidoarjo, Bhirawa
Kualitas air PDAM Delta Tirta Sidoarjo yang belum bisa memenuhi mutu terbaiknya dalam pelayanan pelanggannya. Ternyata masih terus mendapat complain dari pelanggannya, sebab airnya selalu keruh dan bau mirip air di sungai.
Namun dalam kondisi seperti itu, pihak PDAM sudah memastikan untuk menaikkan harga sebesar 5% per tahun hingga 2017. Tanpa melakukan sosialisasi terlebih dahulu, terbukti banyak warga yang belum mengetahui. Kepastian kenaikanya sudah ditetapkan dalam  Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 30 tertanggal 12 Agustus 2014.
Dalam pengamatan di lapangan, seperti di Perumahan Bluru Kidul, sebagian warga terus mengeluh karena tandonnya yang baru diisi, dalam satu minggu sudah banyak endapan lumpurnya. ”Bahkan terkadang dalam tiga hari saja juga sudah ada endapannya,” ungkap Untoro, warga Jl Sawah.
Untoro mengaku tak masalah jika tarifnya dinaikkan tetapi kualitasnya juga harus diperbaiki. ”Jangan asal menaikan tarif terus sementara kondisi airnya yang sampai pada pelanggan keruh dan bau,” keluhnya yang diiyakan salah satu karyawan PDAM.
Terpisah, Humas PDAM, Yoyok Supriyanto, Kamis (16/10) kemarin mengatakan, kalau pihaknya terus melakukan pembenahan-pembenahan atas keluhan pelanggannya. Kondisi seperti ini memang dikarenakan bahan bakunya yang kurang baik. Sehingga sangat berpengaruh terhadap kualitas air untuk pelanggan.
”Makanya, khusus untuk pelanggan Sidoarjo bagian timur mulai Siwalanpanji, Kemiri, Bluru ke selatan sampai Gebangraya. Terus yang utara Sidomulyo, Perum Hedona, Kwangsan hingga di Graha Juanda pihaknya sudah berupaya membangun pra treatment (pra sedimetasi) di IPA Siwalanpanji,” kata Yoyok.
Dengan harapan bahan baku yang akan diolah bisa menjadi lebih baik, karena air sungai yang menjadi bahan baku diendapkan terlebih dahulu. Ada beberapa tahap proses yang terjadi dalam sedimentasi itu. Dengan harapan kualitas air akan lebih bagus dan tak akan bau lagi. Setelah di akhir tahun ini, pembangunan pra treatment itu diharapkan sudah bisa selesai.n [ach]

Teks foto: Inilah kondisi pra treatment IPA Siwalanpaji yang masih setengah jadi. [achmad suprayogi/bhirawa]

Rate this article!
Tags: