Konjen Cina Jajaki Investasi Ke Jombang

7-foto B konjen ChinaJombang, Bhirawa
Jajaki investasi, Konsult Jendral RRC untuk Indonesia, Yu Hong kemarin berkunjung ke kabupaten Jombang Jawa Timur. Disamping penjajakan investasi, penjajagan kerjasama dalam bidang pendidikan dan budaya dengan kota santri juga dilirik.
Bupati, Nyono Suharly mengatakan, kunjungan Konjen RRC merupakan bentuk penjajakan untuk pengembangan investasi di Jombang. Hal ini dikatakannya, adalah tindak lanjut dari kunjungannya ke Cina beberapa waktu lalu. “Kita sebelumnya memang pernah menawarkan investasi ke mereka. Kali ini mereka datang ke sini untuk melihat kesiapan Jombang,” ujarnya usai menerima kunjungan Yu Hong bersama ketua DPRD Jatim, Halim Iskandar.
Nyono mengatakan, beberapa hal yang menjadi pertanyaan konjen jika pengusaha Cina melakukan investasi di Jombang adalah soal, lokasi industry yang disediakan,  Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan budaya kerja. “Termasuk factor pendukung usaha, yakni infrastuktur dan lahan. Kebetulan soal zona industry kita sudah sediakan di kawasan utara brantas. Soal infrastuktur pendukung seperti jalan raya ini menjadi prioritas dalam dua tahun ke depan,” tandasnya.
Di samping bertemu dengan bupati, Yu Hong juga melakukan kunjungan ke beberpa pesantren diantaranya Pesantren Denanyar dan pesantren Tebuireng pimpinan KH Shalahudin Wahid yang juga adik kandung KH Abdurrahman Wahid. “Ya penjajakan dalam kerja sama bidang pendidikan dengan kalangan pesantren,” ujar Halim Iskandar Ketua DPRD Jatim yang ikut mendampingi.
Gus Halim biasa dipanggil, mengatakan dari kunjungan awal ini diharapkan ada tindak lanjut pertemuan untuk kerjasamainevstasi menyongsong ekonomi 2015 mendatang.” Kita harpkan nanti akan ada tindak lanjut pertemuan dengan beberapa pihak terkait,” tandasnya. [rur]

Keterangan Foto : Konjen RRC, Yu Hong bersama ketua DPRD Jatim, Halim Iskandar saat berkunjung ke Jombang, ditemui Bupati Nyono Suharly. [ramadlan/bhiawa]

Tags: