Keprihatinan Limbah Apel Berbuah Prestasi

nas-1028 KIR MTS HA-1Kota Batu,Bhirawa
Berawal dari keprihatinan, MTs Hasyim Asyari Kota Batu menorehkan prestasi melalui ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) Tingkat SMP/MTs se-Malang Raya. Tiga siswi mereka menjuarai lomba KIR yang yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Malang (UM), beberapa waktu lalu.
Tiga siswi MTs Hasyim Asyari Kota Batu menjuarai lomba KIR itu adalah Puguh Ayu Ningrum, Retno Nur F dan Aqidatun Choirunisa. Ketiga siswi ini berhasil mempresentasikan sekaligus mempraktikkan karyanya hingga berhasil sesuai targetnya.
Menurut Umi Andarini, Ssi, pembina KIR MTs Hasyim Asy’ari karya ilmiah yang diangkat ini berawal dari keprihatinan. Sering melihat kulit apel sisa proses pembuatan jenang apel yang terbuang percuma.
“Waktu itu saya melihat, kulit apel dibuang begitu saja. Khususnya di desa Tulungrejo. Kemudian terbersit untuk memanfaatkan,” kata Umi saat ditemui di MTs Hasyim Asyari, Rabu (29/10).
Wanita yang sehari-hari sebagai guru mata pelajaran IPA ini menerangkan, ada beberapa percobaan yang dilakukan. Dengan berbagai ukuran potongan kulit apel. Kemudian difermentasi menggunakan urea, juga memakai ragi tape. Ditunggu sekitar 7 hari kemudian hasil fermentasi itu disaring hingga disuling. Hasilnya berupa alkohol selanjutnya menjadi bio etanol.
Pada kesempatan itu, ibu guru alumni Universitas Brawijaya (UB) ini mempraktikkan beberapa bahan yang dipakai. Serta beberapa potongan kulit apel yang ditempatkan dalam wadah kotak plastik. Bahkan membawa hasil proses fermentasi yang diletakkan dalam botol kecil dengan berbagai ukuran.
” Ya ini bio etanolnya bisa dibakar. Sebenarnya bio etanol ini bisa menjadi bahan bakar kendaraan bermotor. Tapi kami belum mencoba sejauh itu,”kata Umi yang didampingi Kesiswaan MTs Hasyim Asy’ari, Dra Maslahah dan Kasek MTs, Muchid Spd MM diruang kerjanya.
Dra Maslahah menambahkan prestasi ini termasuk membanggakan sekolah. Karena ajang KIR ini pesertanya tidak hanya Malang Raya tetapi beberapa kota/kabupaten lainnya. “Ya KIR ini termasuk andalan sekolah ini. Di sekolah kami, peralatan laboratorium kita cukup mendukung,”tambahnya.(nas)

Keterangan Foto : Guru Pembina KIR, Umi Andarini, saat memperagakan pemanfaatan gas etanol.

Tags: