Kemenkominfo Luncurkan Buku ‘Growing’ di Surabaya

Buku GrowingSurabaya,Bhirawa
Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat, tentang capaian kinerja pemeritah dalam 10 tahun terakhir, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan buku “Growing” Merentas Jalan Kejayaan, yang bertempat di Hotel Mercure Surabaya, Senin (13/10).
“Banyak rekam prestasi dari beberapa kementerian yang ada di buku ini, masyarakat bisa mengetahui secara langsung,” kata Dirjen Kemenkominfo Suprawoto usai membuka acara Diskusi Publik dan Peluncuran Buku Growing Merentas Jalan Kejayaan.
Menurutnya, dengan diluncurkannya buku ini, diharapkan masyarakat semakin optimis dan percaya kepada kinerja pemerintah, khususnya dalam 10 tahun terakhir. “Media paling suka mengekspose kekurangan pemerintah, prestasi dan kelebihannya jarang dipublikasi, karena itu kami meluncurkan buku ini, karena salah satu tugas kami adalah mensosialisasikan kemajuan dan perkembangan negara dan pemerintah pada masyarakat,” terang Suprawoto.
Lebih lanjut dikatakannya, Indonesia mempunyai peluang  menjadi negara yang besar jika seluruh masyarakat optimis dan mendukung sepenuhnya. Tanpa dukungan rakyat, pemerintahan tidak mungkin bisa berjalan baik.”Kita optimis Indonesia bisa jadi negara yang kuat, maju dan disegani,” tutur Suprawoto.
Buku ini dihadirkan sebagai jendela bagi masyarakat, untuk memahami kinerja pembangunan secara utuh. Karena itu isinya tidak sekadar menonjolkan keberhasilan yang telah dicapai Kabinet Indonesia Bersatu selama dua periode pemerintahan, tetapi juga memotret tantangan dan peluang yang harus dihadapi bangsa Indonesia di masa mendatang.
Sementara itu, Direktur Pengelolahan dan Penyediaan Informasi Kemenkominfo, sekaligus Ketua Panitia acara, Siti Meiningsih menambahkan, buku iki berisi capaian-capaian penting yang diraih selama masa kinerja Kabinet Indonesia Bersatu I tahun 2004-2009 dan Kabinet Indonesia Bersatu II tahun 2009-2014. Di samping itu juga memuat berbagai tantangan untuk mengantisipasi, dan mencari jalan keluar pemecahannya oleh kabinet pemerintahan sebelumnya. “Seperti dibidang pertahanan, Indonesia mandiri alutsista, dan melakukan beberapa modernisasi peralatan tempur,” katanya.
Setiap tahun, menurutnya, Kemenkominfo mengeluarkan buku yang berisi program dan kinerja pemerintah salam satu tahun terakhir. Langkah ini dilakukan agar masyarakat tahu, apa dan bagaimana pembangunan Indonesia berjalan dan dicapai. “Khusus Buku Growing Merentas Jalan Kejayaan kami sajikan berbeda, bisanya buku yang kita buat penuh grafik dan statistik, sekarang lebih banyak gambar, sehingga lebih menarik untuk dibacan” jelasnya. [rac.hms]

Tags: