Kanwil BPN Jatim Serahkan 22 Sertifikat Ke PT KAI Madiun

7-foto B dar kanwil BPN Jatim sertifikatMadiun, Bhirawa
Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur, menyerahkan 22 sertifikat tanah kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VII Madiun, Selasa (28/10). Penyerahan sertifikat yang dilakukan di Kantor Daop VII Madiun di Jalan Kompol Sunaryo Kota Madiun, diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Jawa Timur, Muchtar Deluma, kepada Deputy Vice President PT KAI Daop VII Madiun, Rusi Haryono.
Selain dihadiri 13 Kepala Kantor BPN Kota/Kabupaten di wilayah kerja Daop VII Madiun, acara penyerahan sertifikat ini juga dihadiri oleh pejabat PT KAI. Diantaranya Vice President Aset Non Produksi Wilayah Jawa Bagian Timur, Teguh Budiarto dan staf utama Dirut Bidang Pensertifikatan, Riyanto.
Sedangkan sertifikat yang diserahkan kepada Daop VII Madiun, merupakan sertifikat tanah dengan status hak pakai yang dikeluarkan oleh Kantor BPN Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Kediri. Rinciannya, 11 sertifikat dari BPN Ponorogo dengan luas 12.525 meter persegi, dan 11 sertifikat yang dikeluarkan BPN Kabupaten Kediri dengan luas 113.767 meter persegi.
Kakanwil BPN Jawa Timur, Muchtar Deluma, mengatakan, sebelum diterbitkan sertifikat untuk PT KAI Daop VII Madiun, pihak BPN sudah melakukan penelitian yang mendalam. Sedangkan sertifikat yang diterbitkan, merupakan sertifikat hak pakai tak terbatas.
“Yang jelas tanah yang kita terbitkan sertifikatnya, merupakan tanah clear and clean, tidak dalam sengketa. Selain itu, secara fisik tanah itu sudah dikuasai PT KAI sejak dulu,” kata Kakanwil BPN Jawa Timur, Muchtar Deluma, kepada wartawan, usai menyerahkan sertifikat.
Sementara itu, Deputy Vice President PT KAI Daop VII Madiun, Rusi Haryono, menambahkan, tanah yang disertifikatkan merupakan tanah sepanjang rel Kereta Api mulai dari Walikukun (Kabupaten Ngawi) hingga Blitar.
“Yang lainnya sudah. Seperti daerah Walikukun. Jadi sertifakat yang diserahkan sekarang, ini susulan. Seperti di Ponorogo, meski tidak ada Kereta Api yang melintas di sana, tapi kita punya aset di Ponorogo. Soalnya dulu kan ada Kereta Api yang ke Ponorogo. Tanah sepanjang rel itulah yang kita sertifikatkan,” kata Deputy Vice President PT KAI Daop VII Madiun, Rusi Haryono, kepada wartawan.
Selain itu, lanjut Rusi, dengan diserahkannya sertifikat atas nama PT KAI, berarti aset negara berhasil diamankan. “Saya berharap, kecepatan menyelesaikan sertifikat ini, ditiru oleh daerah lain,” tegas Rusi. [dar]

Keterangan Foto : Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Jawa Timur, Muchtar Deluma (tengah), menyerahkan 22 sertifikat kepada Deputy Vice President PT KAI Daop VII Madiun, Rusi Haryono (nomor dua dari kiri) di Kantor Daop VII Madiun di Jalan Kompol Sunaryo Kota Madiun, Selasa (28/10). [sudarno/bhirawa]

Tags: