Jambore Linmas Kota Batu Jamin Insentif Tak Macet Lagi

6-FOTO OPEN nas-0930 Jambore Linmas (1)Kota Batu, Bhirawa
Ada berbagai reformasi di tubuh Satuan Linmas mengikuti Jambore Linmas Kota Batu saat mengikuti Jambore Linmas di Lapangan Sultan Agung, Selasa (30/9). Salah satu reformasi itu adalah perbaikan insentif bagi anggota Linmas di tahun 2015. Dijamin, tahun depan tidak akan lagi terjadi penundaan/keterlambatan pemberian insentif linmas. “Selain itu pada pelaksanaan Jambore Linmas yang berlangsung selama 2 hari ini, kita akan memberikan insentif linmas itu selama 3 bulan terakhir,” ujar Kasatpol pamong Praja, Robiq Yunianto.
Jaminan tidak akan terjadi keterlambatan itu dikarenakan anggaran untuk insentif linmas 2015 selama setahun telah dimasukkan dalam kerangka acuan kegiatan (KAK) 2015. Sehingga insentif untuk Linmas ke depan telah mendapat jatah anggaran dari APBD.
Hal ini berbeda dengan bantuan untuk linmas tahun lalu yang masih diambilkan dari dana hibah ADD (Alokasi Dana Desa-red). Namun karena pemberian bantuan  dilakukan secara terus menerus, maka pengambil dana hibah untuk linmas tidak diperbolehkan lagi. Reformasi ini tentunya membawa ‘angin segar’ untuk anggota Linmas Kota Batu yang jumlahnya mencapai 1768 personel.
Berkaitan dengan reformasi tersebut, kemarin dibuka Jambore Linmas yang melibatkan TNI, Polri, dan Satpol PP. Setidaknya ada 240 anggota linmas dari 24 desa/kelurahan yang menjadi peserta jamboree. Adapun materi yang diberikan adalah Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TP TKP), materi kelinmasan, dan peraturan baris berbaris (PBB).
“Nanti di sela jambore, kita juga akan memberikan dana insentif anggota linmas untuk tiga bulan terakhir.  Yaitu, bulan Juli, Agustus, dan September. Adapun besarannya adalah Rp 9,375 juta untuk setiap desa/kelurahan,” tambah Robiq.
Sementara, Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Timur, Sutartib, mengatakan bahwa kegiatan jamboree linmas yang dilakukan di Kota Batu ini merupakan jambore Linmas yang pertama kali diadakan di Jawa Timur. Iapun memberikan apresiasi kepedulian dari Walikota Batu dalam membina dan mengembangkan kemampuan serta soliditas anggota Linmas.
“Saya kira sudah sangat baik bapak walikota telah memfasilitasi pembinaan linmas. Mungkin kegiatan ini bisa ditiru di daerah lain, termasuk kemungkinan pengadaan Jambore Linmas tingkat Jawa Timur,” ujar Sutartib, usai membuka Jambore Linmas Kota Batu. [nas]

Keterangan Foto : Suasana pelaksanaan Jambore Linmas Kota Batu yang melibatkan TNI, Polri, dan Satpop PP.

Tags: