Hasil Riset Peneliti Indonesia Kurang Dimanfaatkan

Riset Peneliti IndonesiaJakarta, Bhirawa
Menteri PU Djoko Kirmanto tidak memungkiri bahwa hasil riset peneliti Indonesia kurang dipakai dan diman faatkan dalam pengembangan pemba ngunan. Pengadaan produk berbasis IPTEK dan pemanfaatan paten oleh lembaga pemerintah maupun swasta bahkan cenderung menurun dalam 5 tahun terakhir. Padahal inovasi IPTEK menjadi bagian indikator utama daya saing ekonomi global.
“Diperlukan upaya bersama, baik dari pengguna maupun para peneliti supaya karya karyanya dapat berman faat bagi kesejahteraan masyarakat. Hal ini bisa terwujud bila kewajiban itu masuk kedalam penilaian kinerja,” papar Djoko Kirmanto pada pengukuhan Profesor Riset Balitbang Kemen PU di kantor KemenPU. Yakni Profesor Dr Ir Anwar Yamin MT dalam bidang Per-kerasan Jalan dan Profesor Dr Ir Arief Sabarudin CES dibidang Perumahan.
Disebutkan, jaringan jalan berperan sebagai konektor antara pusat produksi dengan outlet terminal, pelabuhan, dan bandara dengan pengguna produk. Bahkan menurut Profesor Emil Salim, jaringan jalan yang permukaannya mulus, berkorelasi positif dengan aspek kemiskinan. Semakin banyak jalan yang tidak mulus/rusak semakin meningkat jumlah kemiskinan. Sebalik nya peningkatan kuantitas dan kualitas jaringan jalan, akan memicu tumbuh dan berkembangnya kawasan perumahan yang teratur maupun yang tidak teratur.
Dikatakan, perkembangan perumahan yang tidak teratur harus dikendali kan. Agar tidak menjadi pemicu tumbuhnya kawasan kumuh dan meningkatnya backlog rumah dan meningkatnya jumlah MBR. Karena itu dukungan penyediaan jaringan jalan terhadap kebijakan “shelter for all” harus selalu di-integrasikan dengan upaya pengenda lia pemanfaatan ruang dan perlindu ngan lingkungan.]
“Penyediaan jaringan jalan dan perumahan, harus lebih cepat dan ramah lingkungan,” saran Djoko. Lebih lanjut menurut Djoko, peningkatan daya saing tidak hanya tertuju pada aspek ekonomi saja, tetapi juga pada produk teknologi. Menurut Dia, Rantai nilai (value chain) produk teknologi sudah mulai mendunia. Teknologi bidang pekerjaan umum juga harus mampu menjadi bagian dari rantai nilai dunia (global value chain) tersebut. [ira]

Tags: