Frontage Road Sisi Barat Ditargetkan Selesai 2015

Frontage-Road-Barat-SurabayPemkot Surabaya, Bhirawa
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya saat ini mempercepat pembangunan Frontage Road (FR) sisi barat karena tahun 2015 ditagerkan sudah harus selesai.
Menurut Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini beberapa lahan aset pemerintahan yang belum dibebaskan yakni tinggal lahan milik Polda Jatim, RS Bhayangkara, asrama Polisi, SMA Bhayangkari dan Veterania.
”Sekarang yang sedang kami kerjakan kebanyakan lahan milik swasta seperti, Royal Plasa dan UMC Suzuki. Sedangkan persil milik individu ada kendala seperti kesulitan mencari ahli waris,” ujarnya.
Rencana pembangunan frontage road di sisi barat Jl. A Yani sebenarnya sudah bisa dilaksanakan tahun lalu. Sebab, dalam perencanaan program sudah tertuang dalam APBD 2012.
Meski tidak merinci jumlah lahan yang belum dibebaskan, Risma menargetkan tahun ini pembebasan lahan frontage road sisi barat sudah selesai.
Pihaknya juga sudah membebaskan lahan milik swasta di sisi utara gedung Graha Pangeran Jl. A Yani. Nilai pembebasan yang sudah dikeluarkan Pemkot sekitar Rp18 miliar
”Untuk lahan milik Polda kita nantinya saling hibah, tanah milik Pemkot yang ditempati Polsek akan kita hibahkan dan aturannya proses penghibahan tersebut tak perlu lewat DPRD,” kata Risma.
Hal Senada juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeko Surabaya, AA Gede Dwijayawardana. Untuk frontage road sisi barat sudah hampir selesai.
”Kebanyakan lahan yang dilalui oleh FR sisi barat banyak milik pemerintah pusat dan Provinsi. Namun antara pemerintah propinsi dengan Pemkot Surabaya sudah ada kesepakatan boleh dilaksanakan,” kata Dwija kepada Bhirawa Senin (27/10).
Menurutnya untuk pembebasan lahan secara prinsip sudah tidak ada masalah lagi karena tinggal proses hibahnya saja. Sedangkan lahan milik pemerintah provinsi menurut Dwija suratnya sudah turun.
”Untuk lahan milik Polda Bu Wali sudah kesana, namun pembebasan lahannya bukan pihak Polda sendiri yang memutuskan sehingga masih menunggu surat dari pusat,” tambahnya. [dre.geh]

Tags: