Festival Karapan Sapi Berhadiah Piala Lapis Emas

festival-karapan-sapi-sampang-madura-5Surabaya, Bhirawa
Festival karapan Sapi tingkat nasional bakal digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur (Jatim) ke-69. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten se Madura menggelar festival karapan sapi ndengan hadiah berupa piala bergilir berlapis emas dari Presiden  RI.
“Piala Bergilir Presiden yang baru merupakan Piala berlapis emas 24 karat berupa sepasang sapi kerap yang berpacu gagah diatas penyangga jembatan Suramadu,” kata Kepala Disbudpar Jatim, Dr H Jarianto MSi, Senin (13/10).
Dijelaskan Jarianto, pelaksanaan FKS tersebut pada Sabtu (18 /10) pukul. 08.00 WIB sampai selesai bertempat di  Stadion R Soenarto Hadiwidjojo Pamekasan digelar pesta kontes sapi betina, yang biasa dikenal dengan Fesival Sapi Sono’ yang diikuti oleh 39 pasangan sapi betina dari Kabupaten se Madura.
Pada Sabtu malam, akan dimeriahkan dengan kesenian budaya se Madura yang dikenal dengan   Semalam di Madura bertempat di halaman depan Pendopo Kabupaten Pamekasan. Sedangkan Minggu (19/10) pukul. 08.00 WIB adalah puncak pesta akbar Karapan Sapi Tadisional se Madura memperebutkan Piala bergilir Presiden R.I bertempat di Stadion R, Soenarto Hadiwidjojo Pamekasan.
Karapan sapi merupakan salah satu daya tarik wisata di Jatim, yang telah dikenal baik secara nasional maupun Internasional. Sehingga, Disbudpar Jatim mendukung event ini baik melalui promosi maupun pelaksanaannya.
“Ini event tahunan, semoga bisa menarik wisatawan berkunjung ke Madura serta mengangkat potensi budaya lokal Madura. Dan event kali ini di gelar tanpa kekerasan, semoga tidak mengurangi daya tarik festival,” harap Jarianto.
Menurut Jarianto dari sisi kepariwisataan ajang perlombaan sepasang sapi yang menarik semacam kereta kayu dipacu, dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain ini, bisa mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung ke pulau tersebut.
Pelaksanaan Karapan Sapi  secara berjenjang dimulai dan diseleksi dari tingkat eks kawedanan, kabupaten dan Grand Final dimana para juara I, II dan III golongan menang dan kalah dari masing-masing kabupaten se Madura menjadi duta/wakil ke tingkat Grand Final memperebutkan Piala Presiden RI.
Sebelumnya, Kepala Bakorwil Pamekasan, Eddy Santoso mengharapkan, kunjungan wisatawan yang melihat Festival Karapan Sapi semakin banyak lagi. Apalagi jika Disbudpar Jatim juga mengagendakan bersama agen tour and travels.  [rac]

Tags: