Dua Perempuan Dewan Surabaya Pimpin Rapat Komisi

01-kiri Herlina-Harsono-NjotoDPRD Surabaya, Bhirawa
Pembentukan alat kelengkapan DPRD Surabaya bisa diacungi jempol. Selain berjalan dengan cukup demokratis, pemilihan pimpinan alat kelengkapan dewan yang berlangsung Senin (27/10) menempatkan dua legislator perempuan sebagai ketua komisi.
Dari empat komisi, Herlina Harsono Njoto dari Fraksi Demokrat berhasil duduk di kursi Ketua Komisi A. Sementara politikus lama PDIP, Agustin Poliana menempati posisi Ketua Komisi D. Keduanya dipilih melalui mekanisme pemilihan di komisi masing-masing.
Sementara Ketua Komisi B dipegang oleh Mazlan Mansur dari FPKB dan Ketua Komisi C jatuh di tangan Syaifudin Zuhri asal FPDIP. Pembentukan pimpinan alat kelengkapan dewan sendiri sejatinya berjalan cukup alot. Mulai dari pembentukan komisi, Badan Kehormatan (BK), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar) serta Badan Pembuat Perda.
Terutama di Komisi D, pelaksanaan pemilihan berjalan lebih lama dari komisi yang lain.  Diperkirakan usulan PDIP menempatkan Agustin Poliana sempat mendapat perlawanan mengingat di komisi yang berisi 13 anggota tersebut terdapat calon kuat lain seperti Dyah Katarina dan BF Sutadi yang sempat mengenyam proses di eksekutif.
Namun di menit teraklhir ternyata semua anggota Komisi D bersedia menerima Agustin Poliana sebagai ketua komisi yang didampingi oleh Junaidi dari Demokrat sebagai wakil ketua.
Sementara perjalanan Herlina Harsono Njoto untuk menduduki kursi Ketua Komisi A berjalan cukup mudah.  Hal ini dikarenakan posisi Herlina yang cukup aktif dan berpengalaman sebagai ketua pansus saat duduk di Komisi C periode lalu.
Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Masduki Toha yakin dengan terbentuknya susunan anggota legislatif periode 2014-2019 ini, semakin dapat memajukan Kota Surabaya. “Kalau memang didasari dengan hati yang tulus maka saya yakin Surabaya bisa maju,” tegasnya, Senin (27/10).
Dengan terbentuknya alat kelengkapan dewan ini, lanjut Masduki, diharapkan anggota legislatif DPRD Surabaya mampu bekerja secara maksimal dan melayani segala aspirasi masyarakat dengan sebaik-baiknya.
Adapun untuk jabatan di setiap komisi ialah Ketua Komisi A Herlina Harsono Njoto (Demokrat), Wakil Ketua Anugerah Ariadi (PDIP), Sekertaris Ghofar Ismail (PAN).
Ketua Komisi B Mazlan Mansur (PKB), Wakil Ketua Tri Didik Ngadiano (PDIP), Sekretaris Edi Rachmat (Handap). Ketua komisi C Syaifudin Zuhri (PDIP), Wakil Ketua Buchori Imron (Handap), Sekretaris Camelia Habibah (PKB).
Ketua komisi D Agustin Poliana (PDIP), Wakil Ketua Junaedi (Demokrat), Sekretaris Fatchul Muid (Handap).  Sementara untuk Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Dulunya Badan Legislasi) Ketua M Machmud, Wakil Ketua Sugito. Badan Kehormatan (BK) diisi oleh Minun Latif dari fraksi PKB (Ketua), Baktiono fraksi PDIP (Wakil Ketua). [gat]

Tags: