Dinkes Kota Kediri Imbau Warga Waspadai DB

DB (1)Kota Kediri, Bhirawa
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri mengimbau pada masyarakat Kota Kediri agar mewaspadai penyakit Demam Berdarah (DB) yang disebarkan nyamuk Aides Aigipty menjelang perubahan musim. Masyarakat diminta tidak terlena dengan kemunduran musim penghujan.
Kepala Dinkes Kota Kediri dr Sentot Imam Suprapto mengatakan penyakit yang disebabkan nyamuk ini, sebagian besar tersebar dalam lingkungan rumah tangga, karena didalam lingkungan rumah tangga sangat berpotensi untuk perkembangbiakan nyamuk Aides Aigipty ini. “Misalnya didalam rumah ada Bak mandi, tandon air,¬† meskipun belum memasuki musim penghujan, Nyamuk penyebab DB ini sangat berpotensi membuat sarang dan berkembang biak di situ,” terangnya.
Untuk itu, lanjut dia, pihaknya menghimbau masyarakat agar selalu waspada dengan hal ini. “Jangan terlena dengan mundurnya musim penghujan ini, tetap waspada untuk menjaga kebersihan lingkungan, jangan biarkan air menggenang terlalu lama,” ungkapnya.
Dia menjelaskan, tidak hanya himbauan yang dilakukan Dinkes Kota kediri untuk mewaspadai penyakit DB yang berpotensi tersebar dalam lingkungan Rumah tangga, pihaknya akan menggalakkan program 3 M yang saat ini sudah mulai mengendur, selain itu akan memberikan pembinaan kepada para kader Jumantik yang saat ini dalam kondisi vakum. “Selain sosialisasi bahaya DB kita akan menggalakkan program 3 M,,dan menghidupkan kembali kader Jumantik,” terangnya. [mb2]

Tags: