Bebas Pajak

Maryanto

Maryanto

Peran Pemkot Surabaya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan okupansi bagi bisnis perhotelan saat weekend atau akhir pekan. Karena selama ini setiap weekend, bisnis perhotelan mengalami penurunan hingga 20 persen.
“Hari biasa okupansi bisa bertahan hingga 70 persen, namun saat weekend mengalami penurunan hingga 20 persen. Jadi okupansi mencapai 50 persen dan itupun kalau bisa mencapai angka tersebut sudah sangat bagus,” ungkap General Manager Inna Simpang Maryanto belum lama ini.
Untuk meningkatkan okupansi inilah peran pemerintah sangat dibutuhkan, tidak hanya pihak hotel saja yang berusaha dengan banyak menggelar promo. “Setidaknya pemerintah bisa mendatangkan tamu baik dari Surabaya sendiri maupun dari luar kota dan bisa mencegah tamu lebih memilih wisata maupun hotel di luar kota,” ujar pria kelahiran Jogjakarta ini.
Salah satunya adalah dengan membebaskan pajak bagi bisnis perhotelan dan restoran saat weekend. “Di Singapura dan Hongkong bebas pajak bagi bisnis perhotelan dan restoran ini sudah berjalan lama dan hasilnya hotel maupun restoran di sana bisa berkembang meskipun persaingan bisnis juga sangat ketat,” kata suami Mungti Ningsih.
Seperti diketahui bisnis perhotelan di Surabaya juga semakin ketat apalagi dengan banyak berdirinya hotel budget saat ini. “Selain membebaskan pajak, tugas pemerintah membuat landscape supaya persaingan hotel bisa berjalan dengan sehat, tidak seperti saat ini hotel bintang 3 ke atas ternyata di sebelahnya juga berdiri hotel budget ini kan menjadi persaingan tidak sehat,” jelasnya.
Selain itu setelah landscape dibuat, baru akomodasinya ditata khususnya prasarana transportasi sehingga bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Surabaya bisa sangat mudah saat menuju ke tempat wisata maupun ke tempat penginapan. “Kalau saya lihat di Surabaya akomodasinya sudah siap dibandingkan landscape-nya dan ini perlu diubah,” kata ayah satu putera dan dua puteri ini.
Akan tetapi tidak hanya landscape maupun akomodasi saja yang harus diubah, namun juga pemerintah perlu mengebyar promosi. “Pemerintah juga perlu menggandeng sebuah organisasi untuk menggelar banyak promo terkait wisata di Surabaya yang bisa menarik para wisatawan dan itu harus berkembang setiap tahun,” harapnya. [riq]

Rate this article!
Bebas Pajak,5 / 5 ( 1votes )
Tags: