Batalyon Infanteri-5 Marinir Juarai Lomba Renang Laut

Renang Laut (1)Surabaya, Bhirawa
Batalyon Infanteri-5 Marinir menjuarai kompetisi renang laut pada lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir tahun 2014 di Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, Rabu.
Siaran pers yang diterima Antara dari Dinas Penerangan Korps Marinir menyebutkan lomba renang laut dengan jarak tempuh 600 meter itu dibuka Inpsketur Korps Marinir Kolonel Marinir Bambang Priambodo mewakili Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington.
Kegiatan itu disaksikan Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, Komandan Kontingen Pasmar-1 Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, para asisten Pasmar-1, Wadan Kontingen Letkol Mar Sumantri, dan para komandan di satuan Pasmar-1.
Lomba itu diikuti 15 tim/batalyon yaitu enam tim dari Pasmar-1 Surabaya, enam Tim dari Pasmar-2 Jakarta dan tiga Tim dari Brigif-3 Marinir Lampung. Masing-masing tim/batalyon beranggotakan 50 perenang meliputi Danyon, Pasi Ops, satu Danki, dua Danton, 10 Bintara, dan 35 Tamtama.
Saat aba-aba (komando) start dimulai, seluruh peserta masuk ke laut dan berenang menuju tengah laut sejauh 300 meter, setelah sampai di jarak 300 meter, para perenang putar balik berenang menuju garis finish di bibir pantai.
Ketika para perenang sedang berlomba, suporter dari Pasmar-1 dipimpin Letkol Mar Irpan Surya Ali Nasution yang berada di bibir pantai meneriakkan yel-yel dan lagu-lagu untuk membangkitkan semangat bertanding bagi para perenang.
Setelah diadakan penghitungan waktu, prajurit “Srigala Putih” dengan Komandan Batalyon Letkol Marinir Rudi Harto Marpaung itu berhasil menyabet juara pertama dengan catatan waktu 14 menit 10 detik 32 seconds.
Selanjutnya, juara kedua direbut oleh Batalyon Infanteri-1 Marinir dengan catatan waktu 14 menit 16 detik 57,5 seconds, dan Batalyon Infanteri-3 Marinir harus puas sebagai juara ketiga dengan catatan waktu 14 menit 58 detik 90 seconds.
Untuk kategori perorangan, juara pertama direbut Praka Mar M. Saifudin dari Yonif-5 Mar dengan catatan waktu 11 menit 58 detik 23 seconds, lalu juara kedua diduduki Pratu Mar Agus Tri W dari Yonif-5 Mar dengan waktu 12 menit 32 detik 11 seconds.
Sementara itu, Praka Mar Suyitno dari Yonif-1 Mar harus puas sebagai juara ketiga dengan catatan waktu 12 menit 38 detik 77 seconds.
Juara Menembak Selain cabang renang laut, lomba Binsat Korps Marinir 2014 juga mempertandingkan cabang menembak, dayung, kebut gunung dan halang rintang.
Pada cabang menembak yang digelar di lapangan tembak Jusman Puger, Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan (28/10) itu telah dipertandingkan dua kategori yaitu menembak pistol dan menembak senapan.
Untuk menembak pistol, masing-masing tim/batalyon diwakili 10 petembak (lima perwira, dua bintara dan tiga tamtama), sedangkan untuk menembak senapan setiap tim/batalyon diwakili 50 petembak (lima perwira, 10 bintara, 35 tamtama).
Hasilnya, Batalyon Infanteri-3 Marinir dibawah pimpinan Komandan Batalyon Letkol Mar Agus Gunawan Wibisono berhasil menjadi juara pertama dengan torehan nilai 6.437, juara kedua diraih Batalyon Infanteri-4 Marinir dengan nilai 6.388, sedangkan Tim Binsat Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir harus puas sebagai juara ketiga dengan total nilai 6.297.
Untuk kategori perorangan menembak pistol, juara pertama direbut Letkol Marinir Agung S. dari Yonif-9 Mar dengan nilai 146, Pratu Mar Villo D.P. dari Yonif-4 Mar sebagai juara kedua dengan nilai 144, sedangkan Praka Mar Supriyanto dari Yonif-3 Mar harus puas sebagai juara ketiga dengan nilai 140.
Untuk kategori perorangan menembak senapan, juara pertama direbut Kapten Marinir Khoirul Bakti dari Yonif-4 Mar dengan nilai 172, juara kedua diraih oleh Praka Mar Kuswantoro dari Yonif-3 Mar dengan nilai 168 dan juara ketiga diraih oleh Sertu Mar Widayat dari Yonif-1 Mar dengan nilai 160.
Dalam rangka HUT ke-69 Korps Marinir tahun 2014 yang jatuh pada tanggal 15 November 2014, prajurit Marinir Wilayah Timur (Marwiltim) melaksanakan donor darah di Bapra Lanmar Surabaya, Jl. Opak, Surabaya (29/10), yang diikuti sekitar 1.100 prajurit Marinir Wilayah Timur (Marwiltim), PNS dan Ibu-ibu Jalasenastri.
Donor darah yang dilaksanakan kali ini diketuai oleh Danyonkes-1 Mar Letkol Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp.Ort itu melibatkan tiga kantor cabang PMI yaitu PMI Sidoarjo, PMI Gresik dan PMI Mojokerto. [wwn]

Tags: